YERUSALEM: IBUKOTA AGAMA ABRAHAMIK DI DUNIA

  1. Home
  2. Artikel
  3. YERUSALEM: IBUKOTA AGAMA ABRAHAMIK DI DUNIA

YERUSALEM: IBUKOTA AGAMA ABRAHAMIK DI DUNIA

Di antara kota-kota tertua di dunia yang masih ditinggali manusia, kota Yerusalem selayaknya menjadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Ini bukan saja perihal kota yang tertua semata.Menurut BBC alasan kota Yerusalem ini penting bagi umat Kristen, Islam, dan Yahudi, tiga agama yang sama-sama memiliki terkekaitan dengan fikur Nabi Ibrahim dalam kitab suci. Yerusalem, nama itu taka sing di hati umat Kristen, Yahudi, dan Islam sejak berabad-abad mengalami sengketa dengan sejarah milik bersama. Yerusalem, dalam bahasa Ibrani disebut Yerushalayim, dan dalam bahasa Arab disebut Al Quds. Yerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia.

Pada masa lalu, kota Yerusalem ini pernah berulang kali direbut, ditaklukkan, dihancurkan, dan dibangun kembali oleh berbagai pihak, dan seakan setiap lapisan buminya mengungkapkan berbagai potongan sejarah masa lalu. Pusat dan inti Yerusalem berada di bagian Kota Tua, suatu labirin gang-gang sempit dan arsitektur bersejarah yang menandai empat penjuru kota yang terdiri dari kawasan Kristen, Islam, Yahudi, dan Armenia.

  1. Gereja

Image result for church of nativity bethlehem

Bagi umat Nasrani yarusalem memjadi kota suci yang bersejarah, Betlehem adalah tempat kelahiran yesus kristus, di sana terdapat sebuah gereja bernama Gereja Kelahiran (Church of Nativity). Gereja ini di bangun pada tahun 326 Masehi dan disebut sebagai gereja tertua di dunia. Via dolorosa adalah sebuah jalan yang ada di kota tua Yerusalem. Via dolorosa atau jalan penderitaan atau kesengsaraan dalam bahasa Latin, adalah jalan yang dilalui Yesus Kristus tatkala memanggul salibnya menuju bukit Golgotha, tempat Yesus disalib. Di sana Anda akan dibawa menapak tilas sejarah Passion Kristus.

  1. Masjid

Image result for aqsa mosque

Di Yerusalem atau bagi umat islam di sebut Al quds. Merupakan tempat suci selain Mekah dan Madinah. Di Yerusalem sendiri terdapat 2 buah masjid yaitu Masjid Al-Aqso dan Masjid Qubbatu Shakrah yang merupakan bangunan yang paling popular di area Yerusalem. Umat Islam meyakini Nabi Muhammad SAW datang ke Masjidil Aqsa di Yerusalem ini dari Mekkah dalam perjalanan malam Isra Miraj dan berdoa bersama roh dari para nabi. Beberapa langkah dari masjid Aqsa di Yerusalem terdapat Kubah As-Shakrah yang berisi batu fondasi, yang diyakini umat Islam sebagai tempat bertolak Muhammad menuju surga dalam peristiwa Isra Miraj.

  1. Tembok Ratapan

Image result for wailing wall

Tembok ratapan adalah tempat ibadah orang yahudi. Tembok ini di yakini sebagi bagian dari bait suci, yaitu tempat peribadatan yang di bangun pada saat kepemimpinan Solomon atau nabi Sulaiman. Menurut sejarah, kerajaan Israel kuno yang diketahui sebagai bait suci pertama kali luluh-lantak ketika raja Nebukatnezar II dari Babilonia menyerang yarusalem. Kemudian bait kedua didirikan di masa kepemimpinan Herodes. Pada kuil kedua ini, tembok ini mengalami perluasan dan total waktu pembangunannya mencapai 46 tahun. Di masa kaisar Romawi bernama Titus, Bait kedua di yerusalem ini dihancurkan lagi.  Reruntuhan bait kedua inilah yang kemudian disebut sebagai tembok ratapan di masa sekarang.

, , ,
Previous Post
MEMBUMBUNG TINGGI DI LANGIT CAPPADOCCIA TURKI
Next Post
MAKAN DAGING UNTA? BERIKUT 5 MANFAAT MENGONSUMSI DAGING UNTA

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu