MASJID UMAYYAH : TIDAK HANYA SIMBOL KOTA DAMASKUS SEMATA

  1. Home
  2. Artikel
  3. MASJID UMAYYAH : TIDAK HANYA SIMBOL KOTA DAMASKUS SEMATA

MASJID UMAYYAH : TIDAK HANYA SIMBOL KOTA DAMASKUS SEMATA

Penampakan mihrab masjid Umayyah

Di dalam Kota Tua Damaskus, begitu banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, tidak ada yang mampu menandingi keistimewaan Masjid Umayyah yang merupakan simbol atau landmark kota Damaskus, bahkan Suriah.

Masjid Umayyah awalnya merupakan kuil dewa Hadad, dewa yang disembah di daerah syam di zaman Aramiah sekitar 3000 tahun lalu. Ketika imperium Romawi menguasai wilayah tersebut, bangsa Romawi kemudian mengubah kuil tersebut menjadi kuil Yupiter, dewa Romawi yang sepadan dengan Zeus di Yunani. Di akhir abad ke-4 Masehi, kerajaan Romawi Timur atau yang dikenal dengan Byzantium kemudian menguasai wilayah Timur Tengah lalu mengubah lagi kuil tersebut menjadi gereja Santo Yohannes Sang pembaptis karena di dalamnya ada makam Santo Yohannes Sang pembaptis atau dikenal dengan nama Nabi Yahya as.

Baru setelah itu berubah menjadi masjid ketika wilayah syam jatuh ke tangan dinasti muslim Umayyah dalam pertempuran Yarmouk tahun 636 Masehi. Pasca penaklukkan Damaskus oleh pasukan muslim, bangunan yang awalnya menjadi gereja Santa Yohannes tersebut dijadikan rumah ibadah kolektif bagi umat muslim dan kristiani hingga di masa khalifah Walid I di mana gedungnya kemudian dikonversi total menjadi Masjid seutuhnya.

Model bangunan masjid Umayyah masih mempertahankan beberapa mosaik dan ukiran kuil Romawi walaupun sempat melakukan menata ulang sebagian besar bangunannya. Kolom-kolom interiornya misalnya, masih berdesain klasik Korinthian khas arsitektur Yunani-Romawi. Perombakan yang mencolok terdapat pada bagian interiornya seperti lantainya yang dibuat menjadi marmer serta desain eksteriornya yang dibuat terbuka.

Masjid Umayyah tidak hanya sebagai tempat ibadah semata, tetapi juga sebagai tempat belajar agama, pertemuan tokoh politik, meja hijau, hingga tempat penyaluran bantuan kaum papa. Bagi kaum syiah, Masjid Umayyah menyimpan pusaka yang berkaitan dengan Karbala.Kini, Masjid Umayyah tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan muslim saja, tetapi juga wisatawan seluruh mancanegara yang datang berwisata ke Suriah. Seakan masjid Umayyah menjadi destinasi wajib bagi mereka yang hendak berwisata ke sana. Bagi bangsa Suriah, Masjid Umayyah tidak hanya simbol supremasi peradaban Islam di masa kekhalifahan dinasti Umayyaha atau simbol kota Damaskus. Masjid Umayyah adalah simbol kebanggaan seluruh warga Suriah.

Makam Santo Yohannes SAng Pembaptis atau nabi Yahya as

Gambar lukisan dinding peninggalan kuil dewa Yupiter di masa Romawi yang tampak di Masjid Umayyah

, , ,
Previous Post
RAMAYANA GATHERING GOES TO BALI BERSAMA ZIARAH EXPEDIA
Next Post
10 MAKANAN KHAS TURKI YANG PERLU ANDA COBA SEGERA SAAT BERLIBUR KE TURKI

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu