10 MAKANAN KHAS TURKI YANG PERLU ANDA COBA SEGERA SAAT BERLIBUR KE TURKI

  1. Home
  2. Artikel
  3. 10 MAKANAN KHAS TURKI YANG PERLU ANDA COBA SEGERA SAAT BERLIBUR KE TURKI

10 MAKANAN KHAS TURKI YANG PERLU ANDA COBA SEGERA SAAT BERLIBUR KE TURKI

Berkunjung ke sebuah Negara, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut, salah satunya di turki. Berikut 10 makanan yang wajib kamu coba bila berkunjung ke turki :


Kebab

Kebab merupakan salah satu makanan Turki yang paling disukai banyak orang di seluruh dunia. Kebab merupakan irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang di suatu tiang panggangan yang berputar, lalu digulung di dalam roti pita yang gurih. Selain daging, kebab juga diisi tomat, bawang bombay, selada, jamur, serta saus sambal.

Bila tidak mau menyantap kebab yang dibungkus dengan roti pita, Anda dapat juga menyantap sate kebab, yaitu potongan daging, paprika, serta bawang yang ditusuk serta dipanggang sampai matang. Di Turki, Anda dapat menemukan makanan ini dengan mudah. Banyak pedagang kaki lima yang menjual kebabhampir di seluruh daerah yang ada di Turki.

Image result for kabab


Baklava

Roti manis yang satu ini memanglah tak bisa dilewatkan saat Anda tengah berada di Turki. Baklava merupakan roti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup. Baklava sangat mirip dengan bolen pisang yang ada di Indonesia. Roti yang satu ini juga mudah ditemukan di toko-toko kue yang ada di Turki. gambar via: Cook Diary

Roti manis yang satu ini memanglah tak bisa dilewatkan saat Anda tengah berada di Turki. Baklava merupakan roti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup. Baklava sangat mirip dengan bolen pisang yang ada di Indonesia. Roti yang satu ini juga mudah ditemukan di toko-toko kue yang ada di Turki.

Image result for baklava


Kumpir

Makanan khas Turki selanjutnya yang tak kalah lezat aslaah Kumpir, sajian kentang yang dipanggang bersama beragam topping seperti potongan sosis, sayur-sayuran, serta saos yang memiliki cita rasa gurih yang sangat lezat!

Untuk bisa menemukan makanan khas Turki ini, Toppers bisa menemukannya di pasar-pasar malam atau di tepian jalan ketika malam hari karena kuliner ini banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Image result for kumpir


Kofte

Salah satu kuliner khas Timur Tengah populer yang berasal dari Turki adalah Kofte. Panganan yang berbahan dasar daging sapi atau bisa juga menggunakan kambing dan ayam ini sekilas terlihat seperti daging steak namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Diolah dengan cara digiling bersama ragam bumbu khas membuat Kofte memiliki rasa gurih yang lezat. Umumnya, kuliner khas Turki ini disajikan bersama salad segar, sepiring nasi hangat, dan juga siraman saus yang menambah kelezatan.

Image result for kofte


Manti

Manti merupakan olahan kuliner Turki selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Terbuat dari daging sapi atau daging yang dibunglus dengan adonan seperti pangsit sebelum kemudian digoreng ataupun direbus. Ditambah dengan siraman saus yang terbuat dari yoghurt, makanan khas Turki ini akan berikan rasa lezat nan unik pada lidahmu.

Image result for manti


Kokoretsi

Tak kalah unik dari makanan-makanan Turki sebelumnya, Kokoretsi yang dikenal juga dengan nama Kokorek adalah olahan jeroan yang diililit dengan usus domba atau kambing sebelum kemudian dibakar bersama ragam bumbu yang membuat kuliner ini memiliki aroma sedap dan rasa yang gurih.

Makanan khas Turki yang unik ini biasa dilengkapi dengan roti baquette yang telah dibumbui dengan oregano dan paprika.

Image result for kokoretsi


Simit

Setiap orang yang berkunjung ke Turki pasti menemukan pengalaman baru saat melakukan jelajah kuliner. Seperti ketika mengunjungi Istanbul, mereka akan mendapati cukup banyak penjual makanan khas Turki yang bentuknya mirip seperti donat dengan tampilan yang lebih menarik. Dikarenakan bentuknya yang menyerupai donat, orang-orang menjulukinya dengan donat Turki. Padahal, nama asli makanan tersebut adalah simit.

Simit adalah roti yang menyerupai bentuk donat namun dengan ukuran yang lebih besar. Tekstur dari simit juga lebih keras dibanding donat di negara-negara Eropa. Kue khas Turki ini sebetulnya tidak hanya berbentuk mirip donat, tapi ada juga yang bentuknya kotak atau bulat dengan ragam isian, semisal kacang dan cokelat. Simit biasanya dimakan oleh penduduk Turki saat musim dingin sebagai camilan.

Image result for simit


Sarma

Negara-negara yang terletak di kawasan Timur Tengah biasanya mempunyai makanan yang juga bisa ditemukan di negara-negara tetangga lain yang masih dalam satu kawasan. Seperti di Turki, ada kuliner bernama sarma yang bisa juga didapati di negara-negara semenanjung Balkan lainnya, bahkan hingga ke Rusia. Sarma kalau di Indonesia mirip seperti botok, buntil, lemper, lepet, atau nagasari. Jadi bisa ditebak kalau sarma ini merujuk pada hidangan yang berbentuk bungkusan di mana yang dipakai untuk membungkus adalah sayuran.

Untuk sarma sendiri menggunakan bungkusan dari daun anggur. Daun anggur yang ukurannya cukup lebar dipakai untuk membungkus beragam isian, baik mengandung daging atau tidak. Adapun untuk isiannya biasa dibedakan dari jenis sarmanya, apakah yang mengandung daging atau tidak. Kalau berdaging, isiannya bisa berupa nasi, daging cincang, biji cemara, bawang merah, mentega, dan rempah-rempah. Sementara yang tidak berdaging rata-rata berisikan irisan sayur, buah, dan tak lupa rempahnya.

Image result for sarma


Hummus

Jika di Indonesia humus merujuk pada tanah yang sangat subur akibat lapukan daun dan batang pohon di hutan hujan tropis maka di Turki humus [atau hummus] merujuk pada makanan yang berasal dari Levant [atau Suriah, Lebanon, Yordania, Israel, dan Palestina] dengan tampilan yang sangat unik. Sekilas hummus tampak seperti bubur, saus cocol, mayones, atau selai. Sebenarnya, apa itu hummus?

Hummus adalah makanan khas Turki yang berasal dari negeri Syam yang memang tampilannya menyerupai selai yang dibuat dari kacang Arab yang digiling dan dicampur dengan tahini [atau wijen giling], minyak zaitun, air jeruk limau, bawang putih, dan garam. Menurut Wikipedia, hummus adalah makanan purba yang saat ini dikonsumsi secara luas di negara-negara Timur Tengah, termasuk Turki dan Afrika Utara.

Image result for hummus


Dondurma

Dondurma adalah es krim khas Turki yang terbuat dari susu, gula, mastic [bahan pengenyal yang berasal dari getah tumbuhan, dan salep [bahan pengental yang berasal dari tepung akar anggrek ungu muda]. Penggunaan salep dan mastic pada minuman khas Turki ini membuat teksturnya menjadi lebih pekat dan lengket seperti permen karet. Mengenai rasanya, es krim ini tetap manis dan enak.

Di negara asalnya, Turki, dondurma banyak dijual di kios-kios atau gerobak kaki lima di pinggiran jalan atau depan ruko. Para penjual dondurma biasanya menjajakan es krim dengan pakaian khusus yang mirip dengan Aladin [pakai rompi dan peci khas Turki]. Untuk mengaduk es krimnya para penjual tersebut menggunakan tongkat panjang yang juga dipakai untuk menciduk es krimnya. Selain itu para penjualnya juga tak jarang menunjukkan atraksi-atraksi dengan tongkat esnya.

Image result for dondurma

, , , , , , , , , ,
Previous Post
MASJID UMAYYAH : TIDAK HANYA SIMBOL KOTA DAMASKUS SEMATA
Next Post
SETELAH DIBUI SELAMA 44 TAHUN, BEGINI REAKSI EKS NAPI ITU MELIHAT KONDISI MASYARAKAT SEKARANG

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu