BERIKUT ADALAH 5 NEGARA MINI DI EROPA YANG BISA ANDA KUNJUNGI

  1. Home
  2. Artikel
  3. BERIKUT ADALAH 5 NEGARA MINI DI EROPA YANG BISA ANDA KUNJUNGI

BERIKUT ADALAH 5 NEGARA MINI DI EROPA YANG BISA ANDA KUNJUNGI

Mendengar nama Eropa, yang terlintas di benak Anda adalah Perancis, Inggris, Jerman, Italia, Austria, dan lain-lainnya. Tapi tahukah Anda jika ada sebuah negara kecil di Eropa yang luasnya lebih kecil dari kota Jakarta? Berikut adalah nama-nama negara kecil di Eropa yang tentu saja bisa Anda kunjungi tatkala berlibur di Eropa:

Malta

Malta adalah negara dengan bentuk pulau yang terletak di wilayah Eropa Selatan, tepatnya di Laut Mediterania. Luas Malta adalah sekitar 316 km2. Malta dahulu adalah negara Kristen yang didirikan oleh pasukan salib dari Yerusalem. Awalnya, mereka menetap di Rhodes (Sekarang Turki), namun karena ancaman Turki Usmani, mereka kemudian menyingkir ke sebuah pulau yang sekarang kita kenal dengan Malta. Ada yang unik dari masyarakat Malta ini: Bahasa Malta serumpun dengan Bahasa Arab dan Bahasa Ibrani yaitu rumpun Semit. Bahasa Malta memiki kesamaan corak kebahasaan yang sama dengan Arab maupun Ibrani sehingga orang yang bisa berbahasa Arab sedikit banyak dapat mengerti Bahasa Malta. Destinasi utama Malta adalah Katedral St. Yohannes, wisata alam Blue Grotto, dan berbagai katedral atau lokasi-lokasi bersejarah lainnya.

Liechtenstein

Liechtenstein adalah negara mini yang terletak di dataran tinggi Alpen, tepatnya berada di antara Austria, dan Swiss dengan luas sekitar 160 km2. Ibukota negaranya adalah Vadus dan penduduk mereka berbahasa Jerman. Liechtenstein merupakan salah-satu negara dengan pendapatan per-Kapita tertinggi di Dunia. Yakni sekitar $143.000 per kapita dan tertinggi kedua di dunia. Karena berada di dataran tinggi pegunungan Alpen, Liechtenstein menjadi tempat favorit bagi mereka yang mengganderungi olahraga musim dingin. Destinasi favorit yang dapat Anda kunjungi di sana adalah Kastil Gutenberg, kastil tua berusia kurang lebih 800 tahun, dan Kastil Vaduz, yang terletak di atas bukit dan memiliki pemandangan yang tak terlupakan.

San Marino

Tidak banyak orang mengetahui negara ini. Karena luasnya yang hanya sebesar 61,2 km2, San Marino menjadi salah-satu negara terkecil di dunia dengan menduduki peringkat ke-3 di Eropa dan ke-5 di dunia. Adapun letak negaranya berada di Italia. San Marino dahulu merupakan negara republik tertua. Lebih tua dari Firenze. Nama “San Marino” sendiri diambil dari nama santo (orang suci) bernama Santo Marinus, yang merupakan  pendiri kota tersebut. Destinasi yang terkenal di San Marino adalah ke Tiga Menara, Benteng yang berdiri sejak abad ke-11 dan bukit Titano (Monte TItano). Bukit Titano sendiri sudah masuk dalam warisan budaya dunia UNESCO, yang mana merupakan jantung kota San Marino.

Monaco

Mendengar nama Monaco, yang teringat dari benak orang kebanyakan adalah sirkuit balap F1 di Monte Carlo. Nama klub AS Monaco juga cukup menyita perhatian publik karena prestasinya di kompetisi liga sepakbola di Eropa. Namun, siapa sangka jika bendera kebangsaan Monaco sama dengan bendera negara kita yaitu merah dan putih. Monaco adalah negara kecil yang terletak di wilayah French Riveira atau wilayah Perancis Selatan yang berada di garis pantai Laut Tengah. Bentuk negaranya adalah kerajaan dan penduduknya hampir semuanya berbahasa Perancis. Monaco adalah negara terkecil ke-2 di dunia. Dengan populasinya sebesar 36.000 penduduk dan Luasnya hanya 2 km2, dapat dikatakan bahwa Monaco merupakan negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Salah-satu daerah penting di Monaco adalah Monte Carlo yang mana selain menjadi lokasi balapan grand prix F1, Monte Carlo juga merupakan kota judi di Eropa. Monte Carlo juga dipenuhi oleh akomodasi-akomodasi berkualitas premium untuk penginapan seperti Hotel de Paris Monte Carlo.

Kota Vatikan

Jika Mekkah dapat dikatakan sebagai “ibukota” umat muslim di dunia, maka Kota Vatikan dapat dikatakan sebagai “ibukota” umat Katolik di dunia. Dengan luasnya kurang dari 0,5 km2, Vatikan dinobatkan sebagai negara terkecil di dunia. Kota Vatikan juga dapat dikatakan sebagai negara kota (city state) karena luasnya tersebut. Letaknya berada di ibukota negara Italia, yaitu di Roma. Selama berabad-abad, Vatikan menjadi tahta Kepausan yang mana merupakan pemimpin tertinggi umat Kristen Katolik. Nama Vatikan sendiri adalah Bahasa Latin dari kata Ager Vaticanus yang berarti daerah rawa yang ada di delta sungai Tiber. Tiap tahunnya, Kota Vatikan didatangi oleh sedikitnya 20.000 wisatawan per hari. Di antaranya adalah peziarah yang ingin berkunjung ke wisata utama Kota Vatikan, yaitu Kapel Sistina dan Basilika Santo Petrus, tempat bersemayamnya Paus pertama sekaligus murid Yesus terdekat, Santo Simon Petrus.

, , , , ,
Previous Post
KASTIL BRAN: MENGENAL SOSOK ASLI DRACULA
Next Post
6 hal yang Menjadikan Musibahmu Menjadi Ringan

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu