4 TEMPAT DI UZBEKISTAN YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI

  1. Home
  2. Artikel
  3. 4 TEMPAT DI UZBEKISTAN YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI

4 TEMPAT DI UZBEKISTAN YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI

Uzbekistan kini menjadi salah satu destinasi favorit di Asia Tengah. Sudah banyak travel atau biro perjalanan yang memberikan fasilitas berlibur di negeri tempat kelahiran ilmuwan muslim penemu Aljabar bernama Al-Khwarizmi. Berikut ini adalah tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi jika ingin berlibur ke Uzbekistan:

Makam Imam Bukhari

Image result for imam bukhari shrine uzbekistan

Kompleks Makam Imam Al Bukhariy terletak di dekat Samarkand. Arsitektur yang disajikan menggunakan tradisi dan arsitektur nasional. Kompleks ini terdiri dari sebuah makam, masjid, kantor administratif, dan beberapa bangunan lainnya. Makam Imam Al Bukhariy berada di tengah kompleks. Bangunan makam ini berbentuk kubus yang tertutup kubah sepanjang 17 meter. Makam teolog ini ditutupi dengan marmer dan terletak di atas sebuah panggung. Masjidnya terletak di sisi kiri halaman bagian dalam dengan kapasitas sekitar 1.500 Muslim.

Gerbang Neraka

Image result for davas hells gate

Gerbang neraka terletak di dekat kota kecil Davas. Lubang ini sangat panas, sehingga penduduk setempat menyebutnya “gerbang neraka”. Sebuah lubang sebesar sekitar dua kali lapangan sepak bola dengan kedalaman lebih dari 30 meter. Lubang itu pertama kali ditemukan pada 1975, namun lubang itu tidak sebesar seperti yang bisa dilihat saat ini.

Kota Bukhara

Image result for bukhara

Bukhara terletak tak jauh dari sebuah sungai panjang yang mengairi seluruh negeri Asia Tengah bernama Sungai Oxus atau Jeyhun atau Mulyan. Di kota kelahiran Imam Bukhari ini, wisatawan dapat menikmati beragam bangunan indah yang menjadi bukti perkembangan peradaban Islam di masa lampau.

Ada banyak bangunan-bangunan unik dan indah seperti Benteng Arc Fortress, Chashma Ayub, Mausoleum Ismail Samani, Masjid Kalon dan Masjid Magoki Attori tetap berdiri kokoh di Bukhara sejak berabad-abad lalu. Banyaknya bangunan peninggalan sejarah membuat kota ini ditetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Kota Samarkand

Image result for samarkand

Kota Samarkand merupakan salah satu kota tertua yang terletak di Uzbekistan. Kota ini menjadi terkenal dalam sejarah ke-Islaman masa lalu, karena menjadi tempat penyebaran agama Islam khususnya ke negara-negara Asia Tengah.

Di samping itu, kota tersebut merupakan tempat tinggal para tokoh ulama terkenal. Menilik sejarahnya, Samarkand merupakan ibu kota Transoksania selama lima abad sejak masa dinasti Saman hingga dinasti Timur. Samarkand dan Bukhara adalah dua kota terpenting di Transoksania. Di sana, terdapat tempat-tempat objek wisata yang menarik seperti alun-alun Registan Square, Gur-e Amir, makam para raja-raja di Asia Tengah sejak awal tahun 1.400-an.

, , , ,
Previous Post
MAKAN DAGING UNTA? BERIKUT 5 MANFAAT MENGONSUMSI DAGING UNTA
Next Post
JEJAK PERADABAN ISLAM DI TANAH SPANYOL

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu