MENGENANG GUSTAVE EIFFEL: ARSITEK JENIUS PERANCANG STRUKTUR MENARA EIFFEL DAN PATUNG LIBERTY

  1. Home
  2. Artikel
  3. MENGENANG GUSTAVE EIFFEL: ARSITEK JENIUS PERANCANG STRUKTUR MENARA EIFFEL DAN PATUNG LIBERTY

MENGENANG GUSTAVE EIFFEL: ARSITEK JENIUS PERANCANG STRUKTUR MENARA EIFFEL DAN PATUNG LIBERTY

Siapa yang tak tahu yang Menara Eiffel? Bagi mereka yang hobi keliling Eropa, pasti wajib untuk mengunjungi Menara yang paling terkenal ini. Tapi tahukah Anda kalau nama “Eiffel” diambil dari nama seorang arsitek pembuatnya yang bernama Gustave Eiffel.

Gustave Eiffel adalah arsitek ternama dari Prancis. Beliau lahir di kota Dijon, kota yang berada di wilayah Burgundi, sebelah timur Prancis. Eiffel menyelesaikan Pendidikan politekniknya di sekolah bergengsi bernama Ecole Centrale des Arts et Manufactures pada tahun 1855. Proyek monumental pertamanya adalah pembangunan jembatan besi bernama Jembatan Garabit di tahun 1884 di kota Cantal, Prancis, dan Stasiun Kereta Api di Pest, Hungaria. Beliau juga menjadi arsitek untuk pembangunan kerangka metal untuk Patung Liberty di New York.

Karena pengalamannya dalam pembangunan struktur metal, beliau dipercayakan dalam pengerjaan pembangunan Menara Eiffel yang menjadi bulan-bulanan media saat itu. Waktu itu, publik mengkritisi pembangunan menara tersebut dikarenakan dampaknya terhadap tata kota Paris. Alhasil, proyek tetap dilaksanakan dan Eiffel membangun sekitar ratusan struktur metal dengan tipe yang berbeda-beda. Tercata, ada 12.000 jenis komponen metal yang dirakit untuk menjadi menara tersebut. Pengerjaannya memakan waktu hingga 2 tahun, yakni dari tahun 1887—89.

Setelah proyek Menara tersebut rampung. Gustave Eiffel kemudian dipercayakan untuk menggarap Terusan Panama Bersama Ferdinand De Lesseps. Namun karena skandal keuangan yang melibatkan dirinya, dia akhirnya mundur dan menghabiskan sisa umurnya berkarir sebagai seorang ilmuwan, khususnya di bidang meteorologi dan aerodinamika. Eksperimentasinya di bidang aerodinamika dan meteorology  ini menjadi kunci kesuksesan pembangunan terowongan angin (wind tunnel) di Champs-de-Mars pada tahun 1912.

, , ,
Previous Post
6 hal yang Menjadikan Musibahmu Menjadi Ringan
Next Post
CATACOMB OF PARIS: MENELUSURI KERAJAAN ORANG MATI DI PARIS

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu