MAKAN MAKANAN HALAL DI CINA? BERIKUT MAKANAN HALAL DI CINA YANG ANDA PERLU CICIPI

  1. Home
  2. Artikel
  3. MAKAN MAKANAN HALAL DI CINA? BERIKUT MAKANAN HALAL DI CINA YANG ANDA PERLU CICIPI

MAKAN MAKANAN HALAL DI CINA? BERIKUT MAKANAN HALAL DI CINA YANG ANDA PERLU CICIPI

Bagi umat muslim, memakan makanan halal merupakan perintah dari Allah Swt. Perintah memakan makanan halal ada di dalam Al-Quran dengan banyak keterangan dan penjelasannya dalam Hadis. Tapi, jika kalian sedang berpergian ke Negara yang sulit menemukan makanan halal contohnya Cina? Bagaimana? eits, tenang dulu ternyata Cina ada loh daerah nyang menyajikan makanan Halal.

kalian bisa berkunjung ke provinsi Xinjiang. Berbeda dengan wilayah lain di China, mayoritas penduduk di sini merupakan suku Uyghur dan Hui yang beragama islam, sehingga akan mudah sekali untuk makanan halal . berikut adalah 5 makanan Suku Uyghur yang wajib kamu coba:

  1. Dapanji

Image result for dapanji

Dapanji dalam bahasa Indonesia artinya adalah “Ayam Piring Besar”. Bukan sekedar nama, dapanji memang merupakan hidangan yang terbuat dari satu ayam utuh dari kaki sampai kepala. Ayam dipotong jadi beberapa bagian kemudian dimasak dengan paprika, bawang, kentang dan paprika sampai matang.

Sebenarnya menu dapanji bisa kamu temukan di beberapa restoran di Beijing tapi akan lebih baik kalau kamu mencicipi makanan ini di Xinjiang karena rasa dapanji di sini jauh lebih enak dibandingkan dengan dapanji yang dijual di Beijing.

Oh ya, sebaiknya kamu menyantap dapanji bersama teman-teman, selain karena porsinya yang terlalu banyak untuk dimakan sendiri, harga seporsinya juga cukup mahal yaitu sekitar 100-150 RM per porsi.

2. Uyghur Polu

Image result for uyghur polu

Selain Dapanji, kamu juga wajib mencicipi Uyghur Polu yang ada di provinsi Xinjiang. Sekilas makanan ini mirip sekali dengan nasi goreng Indonesia namun dengan rasa yang jelas berbeda.

Uyghur Polu atau yang juga populer dengan nama nasi Pilaf adalah nasi yang dimasak dengan wortel, paprika, dan potongan daging domba dan dimasak dalam waktu lama dengan minyak. Nah karena waktu memasaknya yang lama, tidak heran kalau rasa daging kambing sangat kental pada menu Uyghur Polu ini.

  1. Kaorou

Image result for kao rou food

Kaorou atau kebab domba menjadi salah satu hidangan yang selalu bisa kamu temukan dimana-mana di Xinjiang. Meski namanya adalah kebab domba, tampilan makanan ini lebih mirip sate Indonesia. Daging domba yang dipotong-potong kemudian ditusuk menggunakan tusukan sate.

Selain daging, kadang penjual juga menambahkan potongan lemak pada kebab ini. Agar rasanya makin enak, potongan daging domba ini diberi tambahan jintan dan lada saat sedang dibakar di atas batu bara atau kayu bakar.

4. Uyghur Lamian

Image result for Uyghur lamian

Pergi ke Xinjiang, rasanya enggak akan lengkap kalau kamu belum mencicipi lamian. Makanan satu ini memang sangat terkenal bukan hanya dikalangan warga Uyghur dan Hui tapi juga warga China yang tinggal di luar Xinjiang. Lamian adalah mie yang dibuat dari tepung, air dan minyak kemudian direbus dengan kaldu sapi.

Setelah matang, mie ini disajikan dengan potongan daun bawang, daging, sayuran, telur dan kuah kaldu sapi. Makanan ini paling enak disajikan saat musim dingin. Gurihnya mie dan kuah kaldu akan menghangatkan tubuh dan perut yang lapar.

  1. Piramida

Image result for pyramid food uyghur

Makanan khas muslim Xinjiang yang satu ini merupakan favorit. Untuk membuatnya tepung dan air hangat dicampur agar menjadi adonan, masukan pula ragi. Setelah satu jam, tambahkan air, remas adonan dan diamkan sebentar. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian, oleskan sedikit minyak sayur pada adonan, lalu gulung-gulung sepotong demi sepotong. Selanjutnya lumuri sedikit lemak domba dan taburi sedikit garam dan merica di atasnya. Gulungan adonan potong menjadi beberapa bagian dan putar menjadi bentuk piramida. Pyramids biasanya juga dimakan bersama sup atau mie berkuah.

Masyarakat Xinjiang dominan muslim sehingga untuk bahan makanan berupa daging tidak menggunakan babi, pilihannya terbatas pada daging ayam, daging bebek/angsa, daging sapi, daging domba dan daging kambing. Dalam bahasa Cina, halal disebut Qingzhen Cai. Makanan halal lumayan mudah ditemukan di beberapa kota-kota besar di China karena populasi Muslim di China memang cukup banyak.

, , , ,
Previous Post
JEJAK PERADABAN ISLAM DI TANAH SPANYOL

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu