CATACOMB OF PARIS: MENELUSURI KERAJAAN ORANG MATI DI PARIS

  1. Home
  2. Artikel
  3. CATACOMB OF PARIS: MENELUSURI KERAJAAN ORANG MATI DI PARIS

CATACOMB OF PARIS: MENELUSURI KERAJAAN ORANG MATI DI PARIS

Di Indonesia, kita pasti mengenal wisata di tana Toraja atau ke Trunyan untuk melihat-lihat jasad dan tulang-belulang manusia. Anda juga dapat menikmati pemandangan yang sama dengan yang Anda kunjungi di Toraja atau Trunyan jika Anda jalan-jalan ke kota Paris. Yaitu, saat Anda memasuki Catacomb Paris alias Dead city.

Image result for catacomb paris

Catacomb Paris merupakan ruang bawah tanah tempat penyimpanan jasad-jasad mirip seperti yang dilakukan orang-orang Toraja terhadap orang mati. Tercatat, setidaknya ada enam juta jasad yang tersimpan di dalamnya. Catacomb diresmikan tahun 1803 sebagai tempat untuk menampung mayat-mayat yang sudah tak tertampung lagi oleh kompleks pemakaman. Akibatnya, masyarakat yang tinggal di area pekuburan, khususnya di wilayah Les Innocents acap kali mencium bau busuk mayat yang ditumpuk terlalu banyak di sekitar pemakaman tersebut.

Hal tersebut mendorong raja Louis XIV mengeluarkan keputusan untuk memindahkan semua area pekuburan ke luar pusat kota, yaitu ke ruang bawah tanah yang kini kita kenal sebagai catacomb. Saat meletusnya revolusi Prancis, orang-orang mati saat peristiwa tersebut dikubur langsung di catacomb. Tercatat, setidaknya ada 6 juta jasad manusia yang tersimpan di catacomb

Untuk mengaksesnya, Anda mesti ke Place Denfert-Rochereau, yang berada di bagian selatan kota Paris. Di situ, Anda akan disambut sebuah gerbang masuk ke catacomb yang memiliki inskripsi “Arrete! C’est ici l’empire de la mort” yang artinya: “Berhenti! Anda memasuki kerajaan orang mati”. Nanti Anda masuk ke dalam ruang catacomb, Anda akan melihat dinding-dinding dan tiang-tiang yang tersusun dari tengkorak dan tulang belulang manusia.

Menurut situs resmi catacomb Paris http://catacombes.paris.fr/, Catacomb buka pada bulan 14 Juli, 15 Agustus, 1 dan 11 November dan tutup Pada hari libur seperti perayaan tahun baru, May Day, dan Natal. Jadwal kunjungan untuk masuk ke catacomb bagi pengunjung adalah mulai dari 10 pagi hingga pukul setengah 9 malam dari hari selasa hingga minggu. Namun, Anda harus membeli tiket sebelum pukul 7.30 pagi. Biaya tiketnya antara €30 hingga €65 bergantung jumlah pengunjungnya. Anda dapat melakukan reservasi tiket secara daring agar tak perlu lama-lama antre. Durasi wisata di dalam catacomb akan memakan waktu selama 45 menit dan akan ditemani oleh pemandu wisata yang berpengalaman.

, ,
Previous Post
MENGENANG GUSTAVE EIFFEL: ARSITEK JENIUS PERANCANG STRUKTUR MENARA EIFFEL DAN PATUNG LIBERTY

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu