Tengok Wisata Pendidikan Di Maroko

Pembaca masih ingat nama-mana ini : Ibnu Batuta, Ibnu Khaldun, dan Ibn Sina?. Iya, mereka adalah para ilmuwan-ilmuwan ternama keluaran dari kampus-kampus di Maroko zaman old. Selain sebagai tempat pendidikan, rata-rata kampus di Maroko adalah kampus warisan zaman dulu yang sangat bersejarah. Maka tentu kita akan penasaran kampus-kampus mana saja yang termasuk kampus-kampus hebat itu?. Salah satunya yaitu Universitas Quarauiyine.

Universitas Quarauiyine inilah Universitas yang paling tua di Maroko, dibangun Oleh Fatimah Al-Fahriyah, seorang imigran namun dermawan yang berasal dari Al-Qairouan, yaitu salah satu kota di tunisia. Universitas ini awalnya adalah mesjid dan ada majelis taklimnya, disini yang sering mengajar  adalah para ulama dan fuqaha yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Misalnya ilmu Fiqh, Tasawuf, kalam, Aqidah, dan Ilmu Al-Qur’an serta Ilmu Hadist.

Metode pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode hafalan dan pemahaman melalui ceramah para ulama. Dan para hadirin yang mengikuti pengajian di masjid tersebut berasal dari berbagai lapisan masyarakat yang memilki keinginan untuk belajar ilmu agama di Qurauiyin. Berkembangnya masa demi masa Masjid Quarauiyine yang dulunya hanyalah bangunan ibadah yang sederhana sekarang telah tumbuh menjadi lembaga pendidikan yang besar dan tertua di dunia setelah Universitas Al-Azhar Kairo.

Quarauiyine dulu hanya membuka pendidikan di bidang agama saja, sekarang sudah ada bidang studi yang lain seperti musik, kimia, pengobatan, astronomi, pembelajaran debat politik, serta ilmu alam. Dilengkapi dengan perpustakaan paling komplit dengan literatur yang disusun oleh para ulama terkemuka. Seperti Ibnu Khaldun (penulis buku Muqaddimah) dan dari Eropa merupakan almamater universitas ini.

Salah satu alumnus terkenal universitas ini yang berasal dari Barat adalah Paus Silvester II, Pemimpin Vatikan yang diketahui sebagai pencipta angka Arab-Latin sekaligus pakar budaya dan sejumlah ilmu seperti matematika dan astronomi. Pada abad pertengahan setelah perluasan bangunan selesai, para akademisi di Fez mendapatkan tempat lebih baik untuk belajar dan menjalankan aktivitas riset ilmiah. Universitas ini lalu menjadi magnet bagi para pelajar di seluruh penjuru dunia untuk menempuh pendidikan di Al Qarawiyyin.

Al Qarawiyyin berperan penting dalam mediasi kebudayaan dan pengetahuan antara umat Islam dan masyarakat Eropa. Di abad ke-14, 8.000 mahasiswa dari Barat dan Mesir belajar di Universitas ini. Dan Universitas Al Qarawiyyin juga memainkan peran penting bagi penyebaran mazhab Maliki, yatiu salah satu dari empat mazhab besar pemikiran Islam aliran Sunni. Mazhab ini dipelopori oleh Imam Malik Ibn Anas dan berkembang di kawasan Afrika Utara. Hingga kini Mazhab tersebut tetap menjadi ideologi bagi Masyarakat Maroko baik dalam beribadah maupun bermuamalah. Dan Universitas tersebut telah menjadi tonggak bagi negara Maroko dalam bidang pendidikan dan Agama.

Info selanjutnay bisa dicek di wikipedia

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 29888200 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 087827082001

Comments

Leave a Reply