MAKANAN KHAS TURKI

1

KEBAB

Kebab merupakan salah satu makanan Turki yang paling disukai banyak orang di seluruh dunia. Kebab merupakan irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang di suatu tiang panggangan yang berputar, lalu digulung di dalam roti pita yang gurih. Selain daging, kebab juga diisi tomat, bawang bombay, selada, jamur, serta saus sambal. Bila tidak mau menyantap kebab yang dibungkus dengan roti pita, Anda dapat juga menyantap sate kebab, yaitu potongan daging, paprika, serta bawang yang ditusuk serta dipanggang sampai matang. Di Turki, Anda dapat menemukan makanan ini dengan mudah. Banyak pedagang kaki lima yang menjual kebabhampir di seluruh daerah yang ada di Turki.

2

BAKLAVA

Roti manis yang satu ini memanglah tak bisa dilewatkan saat Anda tengah berada di Turki. Baklava merupakan roti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup. Baklava sangat mirip dengan bolen pisang yang ada di Indonesia. Roti yang satu ini juga mudah ditemukan di toko-toko kue yang ada di Turki.

3

DONDURMA

Makanan yang satu ini bukan hanya disukai oleh anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga suka menyantap kuliner es krim ini. Di Turki, ada satu es krim dengan citarasa yang khas bernama Dondurma. Tekstur es krim ini cenderung lengket seperti permen karet. Untuk meramu es krim ini, diperlukan salep yang terbuat dari tepung akar anggrek usia muda serta mastic yang merupakan getah dari tumbuhan. Tidak heran bila tekstur es krim ini lebih lengket dari es krim biasanya. Dondurma dapat ditemukan di food truck atau kios es krim yang ada di tepi jalan-jalan ramai yang ada di Turki.

4

KOFTE

Diantara hidangan Khas Turki yang tidak bisa Anda lewatkan, yakni Kofte yang merupakan hidangan main course. Kofte adalah semacam steak berukuran kecil seperti perkedel. Makanan ini berasal dari daging ayam, sapi, atau kambing yang digiling serta dicampur dengan bumbu-bumbu. Langkah mengolah Kofte ini dapat di panggang, di rebus, ataupun di goreng sesuai dengan selera. Kofte ini umum disantap bersama dengan salad, nasi serta saus.

5

MANTI

Makanan Turki yang satu ini sedikit mengingatkan kita pada ravioli, semacam pasta khas Italia. Walau demikian, makanan yang bernama Manti ini merupakan sejenis pangsit yang diisi daging sapi atau domba yang dimasak dengan teknik rebus atau goreng. Sesudah matang, Manti akan dihidangkan bersama dengan mentega serta saus yang terbuat dari yoghurt.

6

PIDE

Ternyata Anda dapat juga menjumpai pizza ketika sedang ada di Turki lho. Pide adalah pizza khas Turki yang mempunyai bentuk seperti daun yang sangat panjang. Sama dengan pizza biasanya, topping Pide terdiri dari daging cincang, paprika, serta keju. Pide ini sangat pas untuk di nikmati ketika sedang bersantai serta berbincang bersama rekan maupun kerabat.

7

HUMMUS

Hummus yaitu salad khas Turki. Bahan dasar untuk membuat Hummus yaitu kacang arab (chickpeas), olive oil, air perasaan lemon, lada, serta garam. Karena Hummus merupakan hidangan pembuka, makanan ini umum dikonsumsi bersama dengan roti pita. Langkah menikmati Hummus yaitu sobek sedikit roti pita dan cocol ke Hummus. Dijamin, Anda pasti akan ketagihan sesudah mencobanya.

8

KUMPIR

Di Turki, Anda dapat juga menikmati kentang panggang yang bernama Kumpir. Kumpir yaitu kentang panggang yang dibungkus dengan alumunium foil. Sesudah matang, kentang ini di potong menjadi dua serta diberi mentega dan keju. Beberapa pedagang Kumpir juga menawarkan untuk memberikan topping sosis serta saus tomat di atas Kumpir. Umumnya Kumpir ini banyak dijajakan di tepi jalan atau pasar malam dengan harga yang cukup terjangkau.

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 80885137 / 80877042 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 0812 9640 5315

Comments

Leave a Reply