MAKANAN KHAS THAILAND

1

TOD MAN PLA

Tod man pla adalah makanan yang berasal dari Thailand. Makanan ini menghidangkan daging ikan dan ayam. Biasanya, masyarakat Thailand lebih memilih ikan untuk dijadikan tod man pla. Ikan yang dipilih juga tidak sembarangan, melainkan ikan yang mempunyai daging berwarna putih. Jadi kalau di Indonesia, tod man pla ini bisa dibuat dari ikan tuna, kakap, tenggiri, dan gindara. Di Thailand, tod man pla biasa dijajakan oleh para street vendor. Makanan berbahan dasar ikan ini biasanya diberi bumbu pasta kari merah a la Thailand. Bumbu kari yang dipergunakan akan memberikan warna merah dan rasa yang sedikit pedas. Bahan lain yang disajikan dalam tod man pla selain ikan dan ayam ada juga irisan kacang panjang. Penyajian tod man pla sendiri dibuka dengan acar mentimun sebagai pelengkapnya atau bisa juga dijadikan pendamping.

2

KHAO TOM

Khao tom adalah bubur nasi yang dimasak bersama campuran daging atau produk hasil laut. Jika bubur nasi dicampur dengan udang maka namanya adalah khao tom goong. Jika menggunakan campuran daging babi maka diberi nama khao tom moo. Kemudian bubur nasi yang dicampur dengan ikan dikenal dengan sebutan khao tom pla. Khao tom yang mencampurkan bubur nasi dengan udang dan ayam termasuk ke dalam makanan khas Thailand yang halal sehingga boleh dikonsumsi oleh setiap orang yang beragama Islam. Bubur khao tom paling cocok dihidangkan oleh orang yang sedang ditimpa sakit atau dalam masa penyembuhan. Hal ini dikarenakan khao tom mengandung bumbu rempah yang bersifat menghangatkan tubuh. Dengan sifatnya tersebut, khao tom sebenarnya juga cocok jika dimakan ketika hawa sedang dingin. Di Thailand sendiri, bubur khao tom biasanya dimakan untuk sarapan.

3

PAD THAI

Pad thai atau phat tthai adalah ikon kuliner khas Thailand yang menjadi satu-satunya makanan yang mengandung Thai dalam namanya. Bukan tanpa alasan makanan ini menyandang nama pad thai. Pada tahun 1930an, makanan ini lahir dan dipopulerkan ke tengah masyarakat dengan tujuan membangkitkan semangat nasionalisme. Selain itu, pad thai juga dibuat sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan beras, meskipun pad thai sendiri dibuat dari beras. Jika kamu belum tahu, pad thai ini adalah makanan khas Thailand yang bentuk dan tampilannya menyerupai kwetiau. Mie gepeng atau kwetiau dari Thailand ini mempunyai ukruan yang lebar, terbuat adir beras, tauge, dan kucai. Biasanya apad thai dihidangkan bersama protein berupa daging sapi atau produk hasil laut. Adapun isian lain yang biasa dipilih untuk menemani santap pad thai antara lain tahu kuning padat yang dipotong kecil-kecil.

4

TOM KHAI

Tom kha kai adalah hidangan berkuah dari Thailand yang mirip dengan makanan khas Thailand lainnya, yakni tom yum [yang akan dibahas pada dua poin setelahnya]. Tom kha kai berbentuk seperti sup dengan kuah santan yang warnanya putih dan bercita rasa lebih pedas daripada tom yum. Rasa pedas yang dihasilkan merupakan akibat dari penggunaan cabai yang cukup banyak. Dikarenakan level kepedasannya yang cukup tinggi, makanan berkuah ini lebih disarankan untuk penyuka makanan pedas. Adapun untuk sajian yang dijadikan bahan utama sebagai hidangannya antara ialah suwiran ayam. Agar tom kha kai tidak hanya memberikan rasa pedas di mulut, masyarakat Thailand biasanya memberikan tambahan daun jeruk sehingga aromanya semakin segar dan menggugah selera.

 

5

TOM YUM

Tom yum menjadi salah satu hidangan yang sangat terkenal dari Negeri Gajah Putih hingga ke negara-negara lain. Tom yum sendiri merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak lama di Thailand. Jika kamu belum pernah mendengarnya, tom yum adalah makanan khas Thailand berupa hidangan sup yang terdiri dari ragam sajian seperti udang, ikan, dan masih banyak lagi. Setiap bahan dasar sebagai sajian utama tom yum memberikan karakteristik sendiri yang dibedakan dari nama makanannya. Di Thailand kita bisa menemukan menu tom yum di berbagai restoran. Ada tom yum goong yang berisi udang, tom yum pla yang berisi ikan, dan tom yum po taek yang berisi aneka jenis makanan laut. Tom yum ada yang mempunyai kuah bening dan kuah santan. Untuk tom yum yang berkuah santan mempunyai rasa yang lebih gurih dibandingkan tom yum kuah bening. Untuk bumbunya sendiri berupa bumbu halus yang berasal dari campuran bawang putih, lengkuas, cabai, serai, kecap asin, daun jeruk, jahe, dan jeruk nipis.

 

6

KHAO SOI

Bagi setiap wisatawan yang melancong ke Thailand, diwajibkan hukumnya untuk mencicip makanan khas Thailand ini. Khao soi adalah hidangan yang begitu populer di tanah Thailand, terutama bagian utara Thailand hingga Laos Utara. Sebenarnya makanan ini bukan berasal dari Thailand, tetapi bermula dari Myanmar yang kemudian dimodifikasi sehingga sesuai dengan selera penduduk Thailand. Khao soi merupakan hidangan berupa mie kuning yang legit yang disajikan bersama kuah santan yang gurih. Kuah santan dari makanan ini tidak kental seperti kari tapi rasanya tetap menggoyang lidah. Mie kuning yang dipakai untuk khao soi dibuat dari campuran mie basah dan mie kering. Untuk menambah keinginan makan setiap orang, khao soi disajikan bersama acar timun, irisan bawang merah, cabai, jeruk nipis, dan daging ayam atau daging sapi.

7

SAI OUA

Penduduk Thailand cukup kreatif dalam mengolah bahan makanan. Hal tersebut bisa dilihat dari salah satu makanannya yakni sai oua. Sai oua merupakan wujud kekreatifan masyarakat Thailand. Panganan satu ini berbentuk sederhana dan hanya menyajikan sosis yang dipotong secaar menyerong. Sai oua lebih banyak disajikan di daerah Thailand Utara, sedangkan di Thailand daerah selatan cukup sulit menemukan makanan khas Thailand ini. Sosis yang dipakai untuk sai oua tidak terbuat dari daging ayam atau sapi, melainkan daging babi sehingga membuat warna sosisnya terlihat lebih gelap dan bentuknya yang lebih panjang daripada sosis biasa. Sementara bumbu penyedap sai oua dibuat dari campuran rempah-rempah seperti ketumbar, lengkuas, serai, cabai, bawang merah, bawang putih, garam, dan minyak ikan.

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 80885137 / 80877042 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 0812 9640 5315

Comments

Leave a Reply