Sejarah Mesjid Addas di Thaif

Mesjid Addas punya sejarah tersendiri, dan ini sangat bagus tempat untuk berziarah, sebelum antum ke Thaif, alangkah baiknya simak kisah berikut ini :
*****
Setelah Rasulullah merasa aman dari kejaran masyarakat Thaif yang menolak dakwah beliau, Nabi saw menghampiri sebuah pohon anggur lalu duduk di sana. Di tempat itu, Rasulullah saw berdoa sambil menahan sakit yang mulai menjalar tubuhnya. ;-‘(
“Ya Allah, aku mengadu kepada-Mu atas lemahnya kekuatanku dan sedikitnya usahaku serta kehinaan diriku di hadapan manusia. Engkaulah Tuhan semesta alam, Pelindung orang-orang yang lemah dan Engkaulah Pelindungku. Kepada siapa hendak Engkau serahkan diriku. Kepada orang yang jauh yang menyerangku ataukah kepada Zat yang dekat yang mengatur urusanku. Asalkan Engkau tidak murka kepadaku, aku tidak peduli. Aku berlindung terhadap cahaya wajah-Mu Yang menerangi kegelapan dan karenanya membawakan kebaikan bagi dunia dan akhirat, dan kemurkaan-Mu yang akan Kautimpakan kepadaku. Engkaulah Yang berhak menegur hingga berkenan pada-Mu. Dan tiada daya dan upaya selain dan Engkau.”
Nabi saw tidak menyadari bahwa gerak-geriknya diperhatikan dua putra Rabi’ah. Keduanya tak tega melihat penderitaan yang dialami Rasulullah saw. Lalu mereka memanggil ‘Addâs, seorang hamba beragama Nasrani yang mengabdi pada mereka.
“Ambillah setandan anggur ini dan bawakan untuk orang tersebut!” kata keduanya.
Anggur itu diberikan kepada Rasulullah saw yang kemudian mengulurkan tangannya untuk menerima pemberian tersebut.
“Bismillah,” ucap Muhammad saw sesaat seusai menerima anggur itu dan lalu memakannya.
‘Addas terperanjat. Ia tidak pernah mendengar perkataan itu sebumnya.
“Sesungguhnya ucapan ini tidak biasa diucapkan oleh penduduk negeri ini.”
“Kamu berasal dan negeri mana? Dan apa agamamu?” tanya Nabi saw.
“Aku seorang Nasrani dan penduduk Nina-wy (Nineveh/Persia),” jawab ‘Addâs.
“Itu negeri seorang saleh bernama Yunus bin Matta,” kata Rasulullah saw.
‘Addâs semakin penasaran.
“Apa yang kamu ketahui tentang Yunus bin Matta?”
“Dia adalah saudaraku, seorang nabi, demikian pula dengan diriku.”
‘Addâs tertegun. Ia terkejut mendengar jawaban itu. Tanpa pikir panjang, ia langsung merengkuh kepala Rasulullah saw. Ia juga mencium kedua tangan dan kedua kaki Nabi saw, dan Addas pun masuk Islam. Sementara, kedua putra Rabi’ah menyaksikan adegan itu dengan penuh keheranan. Ketika ‘Addâs datang, keduanya berujar,
“Celakalah dirimu! Apa yang terjadi denganmu?”
 “Wahai tuanku! Tiada sesuatu pun di bumi ini yang lebih baik daripada orang ini! Dia telah memberitahukan kepadaku hal yang hanya diketahui oleh seorang nabi,” jawab ‘Addâs.
“Celakalah dirimu, wahai ‘Addâs! Jangan biarkan dia memalingkanmu dari agamamu! Sebab agamamu lebih baik daripada agamanya,” kata mereka berdua. (Ibnu Hisyâm).
*****

Lokasi pertemuan Nabi Muhammad dengan pemuda Addas itu kini masih utuh bekasnya. Masyarakat menandai lokasi itu dengan membangun masjid yang dikenal dengan nama Masjid Addas.

Berada di tengah kebun anggur yang berhimpitan dengan rumah-rumah penduduk, Masjid Addas berdiri kokoh dengan kondisi yang meski kecil dan tempat salatnya sempit, ditandai dengan menara yang lebih tinggi dari beberapa rumah penduduk. Posisinya tidak jauh dari Wadi Matsna, tempat Nabi Muhammad dilempari batu oleh penduduk Bani Tsaqif.

Tak ada yang istimewa dengan Masjid Addas, kecuali menyiratkan jejak perjuangan Nabi Muhammad kala membawa misi agama baru bagi jazirah Arab, Islam. Berbeda dengan masjid-masjid di Madinah dan Mekah yang sangat familiar bagi jemaah Indonesia, jejak Nabi di Thaif tak banyak diketahui. Karena itulah, Ziarah Expedia Wisata siap melayani antum semua berziarah ke Thaif, menyusuri jejak-jejak perjuangan Rasulullah SAW.

Info selanjutnya bisa menghubungi kami via Whatsapp : 082249794802. Semoga antum diberikan kemudahan, kebahagian dan nikmatnya Islam… aamiin…ya Rabbil Alamin..

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 29888200 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 087827082001

Comments

Leave a Reply