Merenungi Arti Kain Ihrom Untuk Meningkatkan Spiritual Diri

Mengenakan pakaian ihram ini, ada yang menarik dari tulisan Ali Syari’ati, beliau mengatakan “Di miqat ini apapun ras dan sukumu lepaskan semua pakaian yang engkau kenakan sehari-hari baik sebagai:

(a) serigala (yang melambangkan kekejaman dan penindasan);

(b) tikus (yang melambangkan kelicikan);

(c) anjing (yang melambangkan tipu daya);

(d) domba (yang melambangkan penghambaan)”.

Sehingga tak ada status sosial yang disandang dalam ritual ini, ini tentu menjadi pelajaran yang sangat berharga yang tak bisa dilupakan begitu saja, dan tak heran jika ibadah umroh atau haji ini selalu diselenggarakan dari tahun ke tahun.

Betapa mudahnya manusia lupa ketika telah bertebaran di muka bumi ini, aksi-aksi politik dan manipulasi ekonomi begitu lihai dimainkan dan semakin memanjakan egoisme. Kadang sulit membedakan mana yang menentang sistem kapitalisme namun ikut nimbrung menikmatinya, dan mana yang tak mampu masuk ke arus sistem yang meninakbobokkan ini sehingga ia akhirnya terkapar tak mampu bertahan.

Seorang muslim ketika akan datang ke dunia dalam keadaan suci, berangsur-angsur beranjak dewasa, nafsunya kian kencang sekencang-kencangnya sehingga kesucian itu ternodai baik dengan perbuatan syirik, kurafat, bi’dah, berzina, memfitnah, ghibah dan masih banyak lagi dosa-dosa yang sepertinya mustahil bisa dihindari di zaman NOW kecuali dengan memohon bantuan hanya kepada Allah SWT semata. Maka itulah, Allah yang maha pengampun memberikan signal agar noda-noda atau dosa-dosa tersebut mesti dibersihkan atau diusahakan dengan gigih sebelum kematian menjemput.

Dengan begitu, maka makna pakaian ihram juga untuk mengingatkan si calon haji atau umrah (umroh) akan berpisahnya jasmani dan rohani, yaitu kematian yang pasti mendekati anak-anak Adam.

Kematian akan siap menjemput kita, dimana pun berada kapanpun waktunya, walaupun bersembunyi di dalam markas rahasia FBI atau Pentagon atau ruangan rahasia CIA dan sebagainya, ataupun berlindung di balik kerajaan Mewah Raja Saudi yang berlapiskan emas 24 karat, atau di dalam gua sekalipun, atau bungker-bungker yang tak bisa ditembus oleh Zionis Israel, tetap saja saja akan mati, ya…semua orang akan mati. .

Hal itu telah dijelaskan sangat amat jelas dalam al-Qur’an :

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.”. (QS. Al-Imran:185)

Meskipun kita berangkat umroh dengan fasilitas mewah, baik hotel dan pesawatnya, bukanlah kenikmatan sesungguhnya, karena tujuan umroh dan haji bukan untuk mengejar fasilitas yang menggiurkan, malah memperingatkan manusia betapa tak berdayanya di hadapan Allah SWT, dan untuk itulah dengan ritual ini bagaimana melejitkan sifat penghambaan yang maksimal.

Dan juga pada ayat :

“……Maka apabila sudah tiba ajal (waktu kematian) orang-orang itu, tidak dapatlah mereka mengundurkannya sekalipun sesaat dan tidak pula memajukannya”. (QS. An-Nahl: 61)

Rohani yang suci dapat kembali ke rahmatullah (selamat ke alam sesudah dunia ini) sedangkan jasmani dikenakan kain kafan putih, dimandikan lalu dikuburkan, dan kalau yang masih hidup melakukan tahlilan untuk si Mayyit atau mendoakannya selalu, semoga meringankan dosa-dosanya, dan senantiasa adem di alam kuburnya.

Dapatkah kita bayangkan bagaimana nanti di alam kubur itu?, 

Yaa Allah, kami serahkan semua urusan alam kubur dan akhirat hanya pada-Mu, tak mampu kami mengelak bahkan berlari menghindar itu, apalah daya kami, apalah kekuatan kami, tak ada apa-apanya, kami sangat rapuh, maka ampunilah kami ya Tuhanku, ya Allah.. dengan hak RasulMu dan para manusia-manusia suci yang menjadi hujjahMu di bumi. Shalawat & Alfatiha

*****

Bagi yang ingin melaksanakan Ibadah Haji yang sakral ini, bisa mempercayakan kepada kami, silahkan menghubungi kami, bisa lewat email, atau komentar di bawah ataupun via whatsapp 082249794802

Klik link ini untuk info pelaksanaan Haji

Atau antum yang mau umroh, ada paket umroh plus thaif, menjelajahi jejak nabi saat berdakwah yang pertama di luar kota mekah…

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 29888200 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 087827082001

Comments

Leave a Reply