Tips Menjaga Emosi Selama Berhaji | Ziarah Expedia Wisata

Tips Menjaga Emosi Selama Berhaji Ziarah Expedia Wisata

 

Tips Menjaga Emosi Selama Berhaji Ziarah Expedia Wisata

Tim Kesehatan Haji Indonesia di Arab Saudi setiap tahunnya selalu menangani jemaah yang memiliki gangguan emosi dan perilaku. Lalu, bagaimana sebenarnya cara menghindari agar jemaah bisa tetap menjaga emosinya selama ibadah ?

Baca Juga: Perbedaan Haji Dan Umroh

dr Isa M Noor, humas dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah menyebut ada beberapa faktor jemaah bisa terganggu emosi dan perilakunya selama berhaji. Salah satunya adalah penyesuaian di tempat baru. Banyak jemaah, terutama yang berusia lanjut, baru mendapat pengalaman pertama ke luar negeri, naik pesawat terbang, bahkan mungkin ke luar daerah.

Selain itu, tak sedikit juga jemaah yang shock dengan persoalan bahasa dan komunikasi, sampai kurangnya rasa percaya diri. Bahkan juga ada yang tak bisa menakar emosinya saat terpisah dari pendamping, fisik yang kelelahan, sampai cuaca yang terlalu panas.

Misalnya ada yang kehausan tapi nggak mau ngomong sampai akhirnya dehidrasi. Atau mau pipis malah menahan karena takut bertanya,” kata dr Isa saat ditemui di kantornya.

Ada juga jemaah yang kaget dengan penuhnya Masjidil Haram atau Arafah Mina. Di lokasi tersebut, berkumpul jutaan manusia dari berbagai negara. “Ada yang kadang kebingungan dengan kondisi tersebut,” tambahnya.

dr Melza, kepala seksi kesehatan Daker Makkah memberikan tips bagi para jemaah agar terhindar dari gangguan emosi dan perilaku. Salah satunya dengan cara meningkatkan kepasrahan kepada Allah SWT saat berhubungan dengan lingkungan baru. Dengan ibadah, emosi akan cenderung stabil dan tidak terlalu kaget menghadapi situasi baru.

dr Ika Nurfarida dari penanggung jawab medis di KKHI menambahkan, pertolongan pertama pada orang yang mengalami gangguan perilaku adalah dengan cara meminum banyak air. Bisa jadi gangguan tersebut berawal dari dehidrasi.

“Setelah itu didekati, baru ditenangkan,” kata dr Ika.

Bila ada jemaah yang sudah mulai membahayakan diri dan orang lain perilaku emosinya, maka dokter akan menyarankan agar jemaah dibawa ke KKHI untuk ditangani oleh psikiater yang sudah disiapkan. Di KKHI Makkah, ada ruang khusus untuk penanganan emosi dan perilaku.

 

About Author

client-photo-1
Info Muslim Tours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 80885137 / 80877042 atau hotline kami di 0877 8238 2158

Comments

Leave a Reply