Tips Aman Naik Taksi Di Arab Saudi | Ziarah Expedia Wisata

Tips Aman Naik Taksi Di Arab Saudi Ziarah Expedia Wisata

Tips Aman Naik Taksi Di Arab Saudi Ziarah Expedia Wisata

Moda transportasi di Arab Saudi agak berbeda dengan di Indonesia. Bila di Indonesia banyak angkot yang berlalu lalang, di Arab Saudi tidak terlihat pemandangan seperti itu.

Baca Juga: Hikmah Umroh

Salah satu transportasi yang sering digunakan jemaah haji adalah taksi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat jemaah ingin menggunakan jasa taksi.

Dalam buku Bahasa Arab untuk Jemaah Haji dan Umrah karya Rafiq Jauhari, seperti dikutip Kamis (15/9/2016) dikatakan sebagian besar taksi di Arab Saudi tidak menghidupkan alat penghitung kilometer dan harga (argo). Jadi ada baiknya sebelum naik, sepakati dulu ongkosnya.

“Setiap mobil bisa diberhentikan sebagai taksi dan harga disepakati dengan tawar-menawar sebelumnya,” ucap Rafiq.

Tips lainnya, pastikan sopir taksi paham tempat yang dituju penumpang. Sebab saat musim haji ini, banyak sopir taksi yang beroperasi dari luar kota atau luar Arab Saudi seperti Pakistan, Bangladesh hingga India.

“Orang asing banyak yang memakai mobilnya sebagai angkutan. Hal ini tentu membuka kemungkinan adanya tindak kriminal yang dilakukan sopir taksi pada penumpangnya,” jelas Rafiq.

Maka dari itu ada beberapa yang perlu diperhatikan. Pertama jangan sekali-kali perempuan sendirian menaiki taksi, bahkan ketika pergi bersama rombongan juga tetap harus berhati-hati.

“Caranya ketika menaiki kendaraan dahulukan laki-laki dan ketika turun dari kendaraan, perempuan yang didahulukan. Tujuannya untuk menghindari tindakan kriminal yang kadang masih terjadi ketika penumpang berada di atas kendaraan,” ucap Rafiq.

Tips lainnya adalah soal barang bawaan. Lebih baik membawa barang di dalam kabin dan tidak meletakkannya di bagasi. Hal ini karena banyak kejadian jemaah lupa menyimpan barang di bagasi.

Bila sudah sampai tempat tujuan dan sopir taksi meminta uang lebih dari harga yang disepakati, sebaiknya jangan mau memberi lebih. Penumpang bisa mengucapkan kalimat ini.

“Katakan saja dengan sopir “Haram aleik”. Maksudnya adalah peringatan bagi sopir bahwa tindakan demikian diharamkan baginya,” kata Rafiq.

 

About Author

client-photo-1
Info Muslim Tours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 80885137 / 80877042 atau hotline kami di 0877 8238 2158

Comments

Leave a Reply