MUHARRAM DALAM SECANGKIR WHITE COFFEE

Jarum jam menunjuk ke angka 9, Minggu Pagi yang ceria  saya sedang  duduk sambil menikmati secangkir white coffe panas, dan terlihat orang berkendara lalu lalang melewati Jl Condet Raya yang sedang direnovasi. Sekedar info,  dalam minggu minggu ini apabila bepergian sebaiknya hindari jalan Condet, soalnya aspal jalan itu sedang ditinggikan. Yang mestinya jalur dua arah kini menjadi satu arah. Macet banget. Namun kemacetan barangkali menjadi salah satu ciri Jakarta, sementara aku rilek dan terus berupaya mendeteksi rahasia dibalik bulan muharam

Minggu sebagai hari libur ini saya coba untuk menelaah bulan Muharam. Bulan ini begitu mulia, betapa tidak? Muharam adalah 4 diantara bulan bulan lainya yang diabadikan dalam al Quran. Mari kita simak firman Tuhan di bawah ini;

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan. Dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus. Maka janganlah menganiaya diri di empat bulan itu, perangilah musyrikin semuanya. Ketahuilah bahwa Allah bersama orang orang yang bertaqwa” (QS. Att-Taubah: 36).

Setelah kubuka lembaran lembaran buku islam, eh..ternyata di tanggal 10 muharam sekitar 1500 tahun silam terjadi peristiwa besar nan dahsyat. Seorang yang wajahnya mirip nabi Muhammad, rambutnya mirip nabi, tangannya mirip nabi, akhlaknya menyerupai nabi, keberanianya dalam menghadapi kaum musyrikin kayak nabi, ketaqwaanya mirip nabi. Dan tak sedikit kaum muslimin memandang sosok yang satu ini sebagai Muhammad Yunior. Siapakah dia….? Dia adalah al-Husein yang tak lain dan tak bukan adalah cucu nabi Muhammad.

Nah, pada tanggal 10 Muharram al- Husein dikepung oleh puluhan ribu tentara penguasa yang korup. Pasalnya al-Husein tidak mau mendukung pemerintahan yang bengis dibawah kepemimpinan Yazid. Cucu nabi itu lebih baik memberontak dari pada berbaiat pada Yazid . Melihat ketegaran cucu nabi ini, Yazid berang tak kepalang. Al Husein pada akhirnya tubuhnya dicincang cincang, kepalanya dipisahkan dari tubuhnya.

Guruh Respati

Di tengah tengah keseriusan saya dalam membaca sejarah islam, tahu tahu muncul seorang teman. “Assalamualaikum”, suara itu membuyarkan ketekunanku. Teman yang satu ini memang sering muncul di kediaman saya, namanya Guruh Brahma Respati SH, tubuhnya subur. Ia bekerja di PT Ziarah Expedia Wisata. Setelah ngobrol yang ringan ringan, saya bertanya yang agak serius.

“Gimana kabar Expedia ?” tanyaku. Dan dia menjawab dengan fasih; “Expedia terus melaju kencang. Prinsip expedia saat ini adalah PASTI; Professional, Akontebel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif.” Lalu saya bertanya lagi, “bisa dijelaskan satu persatu?”. Belum sempat menjawab pertanyaan saya, tahu tahu hp disaku Guruh menjerit jerit, dia mengambil hp itu langsung di dekatkan ditelinganya….tak berapa lama dia berdiri sambil mengatakan, “bro ngobrolnya dilanjut lain waktu, gue harus segera menjemput adik”. Lalu dia kabur begitu saja.

Author: Bukhori el-Condetia

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 80885137 / 80877042 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 0812 9640 5315

Comments

Leave a Reply