Manasik Haji | Ziarah Expedia Wisata

Manasik Haji Ziarah Expedia Wisata

Manasik Haji Ziarah Expedia Wisata

Haji adalah salah satu Rukun Islam yang wajib dilakukan oleh semua pemeluk Islam yang mampu. Ibadah ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Setiap jemaah harus mampu memahami aturan ini dengan baik agar ibadahnya sempurna dan tidak membayar dam atau kompensasi karena kelalaian.

Baca Juga: Tips Menjadi Haji Mabrur

Untuk mengatasi hal-hal yang mampu menurunkan kualitas ibadah haji, biasanya pemerintah daerah melalui Departemen Agama melaksanakan manasik haji. Detail tata cara dan manfaat manasik haji akan kita bahas bersama-sama di bawah ini.

Pengertian Manasik Haji

Manasik haji adalah pelatihan pelaksanaan haji yang diberikan kepada calon jemaah haji. Biasanya Departemen Agama dan KBIH akan melakukan pelatihan untuk membantu jemaah haji memahami aturan-aturan dasar tentang ibadah haji.

Praktik ini dilakukan bersama ratusan calon jemaah haji lainnya. Biasanya dalam manasik haji, semua calon jemaah diminta untuk melakukan praktik. Mulai dari memakai kain ihram, niat, tawaf, hingga melempar jumrah. Semua ibadah yang ada saat ibadah haji akan diperagakan dengan detail satu per satu.

Kapan Manasik Haji Dilaksanakan?

Idealnya manasik haji dilakukan selama 3-6 enam bulan. Setiap akhir pekan calon  jemaah haji akan berkumpul dan diberi pelatihan tentang tata cara ibadah haji dengan sangat lengkap. Dalam beberapa hal, manasik haji akan mengulang-ulang beberapa ketentuan haji yang sering sekali dilupakan oleh banyak orang.
Di beberapa daerah, manasik haji bahkan telah menjadi bagian dari kegiatan tahunan. Sekolah ingin mengenalkan ibadah haji yang nyata sejak dini. Haji adalah rangkaian ibadah yang sangat panjang dan melelahkan. Itulah mengapa memahaminya adalah hal yang sangat penting agar tidak jadi kesalahan.

Hukum Melaksanakan Manasik Haji

Manasik haji bukanlah sebuah ibadah formal seperti salat dan puasa. Meski demikian, manasik haji membantu calon jemaah untuk memahami tata cara haji dengan baik. Artinya, jika kegiatan ini tetap dilakukan, maka kemungkinan besar ibadah hajinya akan berjalan dengan lancar. Itulah mengapa banyak ulama mengatakan jika melakukan manasik haji hukumnya adalah sunah.

Alasan dan Manfaat Manasik Haji Dilakukan

Beberapa orang ada yang mengatakan jika manasik haji adalah kegiatan yang wajib. Bahkan sebuah kegiatan inti dalam rangkaian ibadah haji yang sesungguhnya. Berikut beberapa alasan serta manfaat yang membuat manasik haji begitu penting dan tak bisa dilewatkan:

Banyak sekali calon jemaah yang masih sangat awam dalam hal haji. Biasanya mereka yang telah berusia lanjut namun tetap ingin menggenapkan pilar Rukun Islamnya. Calon jemaah seperti ini harus dibimbing dengan baik agar kelak ibadah hajinya bisa berjalan dengan baik dan benar.

Mempertajam pengetahuan tentang haji. Bagi yang pernah melakukan manasik haji sebelumnya, entah di pengajian atau sekolah. Kegiatan ini akan mengingatkan dan mempertajam kembali tata cara ibadah haji. Setiap orang bisa jadi lupa, dan manasik haji akan mengingatkannya kembali.

Suasana haji sangat ramai hingga akan susah melakukan panduan. Calon jemaah tidak bisa terus-terusan mengandalkan petunjuk dari pemimpin rombongan. Mau tidak mau mereka harus memahami sendiri tata cara ibadah haji dengan baik. Terlebih situasi di tanah suci pasti ramai. Jutaan orang berkumpul dan melakukan ibadah yang sama.

Menghindari dam atau denda. Jika calon jemaah tidak melakukan beberapa ibadah dengan baik, maka mereka harus membayar dam. Dengan dam, ibadah baru bisa dianggap sempurna. Jika calon jemaah telah memahami haji dengan baik, maka dam adalah hal yang bisa dihindari.

 

About Author

client-photo-1
Info Muslim Tours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 80885137 / 80877042 atau hotline kami di 0877 8238 2158

Comments

Leave a Reply