Jalan-jalan ke Irak , Berani ?

Kalau jalan-jalan ke Turki, Dubai, Eropa, Korea sih uda biasa lah.  Sekarang gimana kalau jalan-jalannya ke Irak, Iran atau ke negara yang saat ini sedang dilanda konflik, Syria.  Kebayang ngga gimana horornya.

Tapi ternyata jalan-jalan ke tempat-tempat itu tidak sehoror yang kita bayangkan, malah banyak hal yang menarik di sana.

Misalnya di Irak ada makam Nabi Nuh, Sayidina Ali bin Abi Thalib dan putranya Husein, ada masjid di Najaf tempat sayidina Ali dibunuh, ada juga masjid Sahlah yag semua nabi pernah shalat di sana. Kita juga bisa berziarah ke Makam Syeikh Abdul Qadir Jaelani.

Berikut tempat-tempat menarik di Irak.

 

WADI AL SALAM, Kompleks Pemakaman Sayidna Ali ra. adalah kompleks pemakaman Islam, yang terletak di kota suci Syiah Najaf, Irak. Ini adalah pemakaman terbesar di dunia. Kuburan meliputi 1,485.5 hektarini mampu menampung 5,000 makam umat muslim selama lebih dari 1.400 tahun, situs ini juga termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO .Umat muslim khususnya kaum syiah berharap berkah dengan bermakam di dekat makam Sayidina Ali RA.

Wadi Al Salam, Irak

 

Imam Hanafi adalah salah satu dari 4 pilar mazhab ahlusunnah wal jamaah selain Imam Syafii, Imam Hambali, dan Imam Maliki. Sekarang disekeliling makam Imam Hanafi telah dijadikan universitas al Hanafi, sebagai universitas terbesar di Irak.

Imam Hanafi

 

RUMAH KELUARGA SAYIDINA ALI

Rumah ini ditempati sayidina Ali dan keluarganya selama di Kuffah. Sejak Fatimah RA, putri Rasulullah meninggal, sayidina Ali menikahi Ummul Banin sahabat Fatimah RA atas permintaan Fatimah sendiri karena kedekatan Ummul Banin dengannya dan dengan anak-anaknya. Dari pernikahan dengan Ummul Banin inilah lahir saudara-saudara Hasan-Husein spt Abul Fadil Abas, Abdullah, Ja’far dan Usman yang semuanya syahid bersama sayidina Husein di Karbala.

Rumah Keluarga Sayyidina Ali

 

MASJID SAHLAH, KUFAH

Keistimewaan masjid ini : Masjid ini disebut juga sebagai rumah bagi para nabi. Sedikitnya Nabi Ibrahim AS Nabi Idris AS , dan Nabi Khidir pernah menetap di sini. Dan hampir semua Nabi dikatakan pernah sholat di dalam masjid ini. Berdoa di masjid ini dapat memberikan keselamatan orang dan perlindungan selama satu tahun. Masjid ini adalah di mana Imam Keduabelas, Muhammad al-Mahdi, akan berada sekembalinya. Terompet Isrofil hari kiamat diyakini akan ditiup dari masjid ini. Tujuh puluh ribu orang akan dibangkitkan di sini sesuai dengan narasi, dan masuk surga tanpa mempertanyakan. Sayidina ‘Ali bin Abi Thalib juga menyatakan bahwa, “Tidak ada orang yang sedih pergi ke masjid ini, berdoa di dalamnya, dan bermohon kepada Allah, maka Allah akan membebaskan dia dari kesedihannya dan mengabulkan permintaannya.”

Masjid Sahala, Kufah

MAKAM SAYYIDINA HUSEIN RA

Makam sayyidina Husein, cucu Rasulullah, terletak di Karbla yang dulu merupakan gurun dan sekarang menjadi kota terbesar kedua di Irak. Sayidina Husein wafat setelah dibunuh dan kepalanya dipenggal pada zaman pemerintahan Yazid bin Muawiyah, dan makam ini selalu ramai dikunjungi para penganut syiah.

Makam Sayyidina Husein RA

 

MAKAM MAKRUF KHARQI

Syeikh Ma’ruf Khirkhi adalah salah satu guru dari Syeikh Abd Qadir Jaelani. Nama sufi ini tidak terlalu populer, meski sama-sama berasal dari Irak, namanya tak sepopuleh Syekh Abdul Qadir Jailani, Manshur Al-Hallaj, atau Junaid Al-Baghdadi. Ma’ruf Al-Kharqi, salah seorang sufi penggagas paham cinta dalam dunia Tasawuf yang jiwanya selalu diselimuti rasa rindu yang luar biasa kepada sang Khalik. Tak salah jika ia menjadi panutan generasi sufi sesudahnya. Banyak sufi besar seperti Sarry Al-Saqaty, yang terpengaruh gagasan-gagasannya. Ia juga diangap sebagai salah seorang sufi penerus Rabi’ah Al-Adawiyah sang pelopor mazhab Cinta. 

Makam Makruf Kharqi

MUSA AL KADZIEM

Musa Al Kadziem lahir di Abwa Arab Saudi pada tgl 28 Oktober 746, meninggal dan dimakamkan di Kazimain pada umur 52 tahun. Beliau merupakan keturunan ke-7 Rasulullah SAW, yaitu putra dari Imam ke-6, Ja’far Ashadiq dan ibunya bernama Hamidah Khatun. Dia lahir ketika terjadi pergolakan antara Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah dan ia biasa pula dipanggil dengan nama Abu al-Hasan. Beliau adalah guru dari Ma’ruf al Khirhi yang juga guru dari Syeikh Abdul Qadir Jaelani.

Musa Al Kadziem

MASJID KUFAH

Kufah dahulu adalah pusat pemerintahan pada zaman Sayidina Ali. Di masjid inilah Sayidina Ali yang waktu itu menjabat khalifah ke-4 dibunuh oleh kaum khawarij saat sedang memimpin sholat subuh. Mihrab tempat sayidina Ali shalat dan terbunuh masih terpelihara hingga kini di masjid ini.

Masjid Kufah

 

SYEIKH ABD QADIR JAELANI

Syeikh Abd Qadir Jaelani adalah pendiri tarekat Naksabandiyah. Beliau seorang yg alim dan sekaligus sufi besar pada zamannya. Beliau seorang ulama fiqih yang sangat dihormati oleh kaum ahlussunah wal jamaah dan dianggap sebagai wali dalam dunia tarekat dan sufisme. Manaqib Syeikh Abdul Qadir Jaelani sering dibaca oleh kaum Nahdiyin hingga kini Ia lahir pada hari Rabu tanggal 1 Ramadan di 470 H, 1077 M di Iran. Ia wafat pada tanggal 9 Rabiul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada 561 H/1166 M.

Syeikh Abdul Qadir Jaelani

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 80885137 / 80877042 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 0812 9640 5315

Comments

Leave a Reply