Bangunan Tertinggi di Dunia

 

Ini dia bangunan – bangunan tertinggi di dunia !

Burj Khalifa

Tinggi                             : 828 Meter
Lantai                             : 163 lantai
Lokasi                             : Dubai, Emirat Arab
Diresmikan                    : 4 Januari 2010
Kegunaan                       : Perkantoran, Hotel, Residen
Pemilik                           : Emaar

Burj Khalifa (Bahasa Inggris “Khalifa Tower”) yang dikenal sebagai Burj Dubai sebelumnya, adalah bangunan tertinggi di dunia. Selisih tinggi gedung ini dengan gedung tertinggi kedua di dunia adalah 196 meter. Menara ini dinamai Burj Khalifa untuk menghormati Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahyan atas dukungan pentingnya. Bangunan ini merupakan mahakarya arsitektur Skidmore, Owings, dan Merril. Pencetus pembangunan bangunan ini adalah Skeikh Mohammed bin Rashid Al Maktourn. Meski pada pertengahan pembangunan sempat mengalami kendala dana, namun pemimpin Uni Emirat Arab bernama Khalifa bin Zayed Al Nahayan bersedia untuk menginvestasikan dananya sehingga namanya diganti menjadi Burj Khalifa sebagai bentuk penghormatan serta simbol terima kasih kepada Presiden Khalifa.

Burj Khalifa dapat menampung hingga 35.000 orang. Burj Khalifa memiliki 57 lift dan 8 eskalator. Lift memiliki kapasitas 15 orang dan memiliki kecepatan naik turun 10 m/detik. Burj Khalifa memiliki 2.909 anak tangga dari lantai dasar ke lantai-160, dari total lantai 163. Didalam gedung itu terdapat Hotel, Restoran, Residen, dan At The Top yang terletak di lantai 124 dan dibuka untuk umum dengan tiket seharga 125 AED. At The Top adalah  lantai tempat pengunjung membeli souvenir dan menikmati pemandangan Dubai dengan teleskop khusus yang sudah di sediakan yang tidak hanya dapat melihat suasana saat itu, tapi juga bisa melihat lokasi tersebut pada saat lampau.

 

Shanghai Tower

Tinggi                             : 632 Meter
Lantai                             : 128 lantai
Lokasi                             : Lujiazui, Pudong, Shanghai, China
Diresmikan                    : 18 Februari 2015
Kegunaan                       : Perkantoran dan Hotel
Pemilik                           : Shanghai Tower Construction and Development

Shanghai Tower (Menara Shanghai) merupakan bangunan kedua tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai. Dirancang oleh Gensler dan dimiliki oleh pemerintah kota Shanghai. Shanghai Tower merupakan gedung tertinggi di dunia kedua setelah Burj Khalifa yang dibangun di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Perancangnya adalah Gensler. Tower ini seolah menjelaskan cepatnya perubahan di daerah ini. Pemerintah China menyebut Shanghai Tower sebagai simbol masa depan bangsa yang tidak terbatas. Shanghai Tower tetap memiliki berbagai zona yaitu taman langit, area bisnis, area rekreasi, area perhotelan, serta museum.

 

Abraj Al Bait / Makkah Royal Clock Towers

Tinggi                             : 601 Meter
Lantai                             : 120 lantai
Lokasi                             : Mekah, Saudi Arabia
Diresmikan                    : Juni 2012
Penggunaan                   : Perkantoran, Hotel
Pemilik                           : Saudi Bin Laden Group

The Abraj Al-Bait Towers yang juga dikenal sebagai Menara Mecca Royal Hotel Clock, adalah sebuah kompleks bangunan di Mekkah, Arab Saudi. Menara ini merupakan bagian dari Proyek Raja Abdul Aziz yang berusaha untuk memodernisasi Kota Suci dalam melayani para peziarah. Kompleks ini juga menjadi rekor dunia sebagai menara jam tertinggi di dunia. Pembangunan kompleks ini dimulai pada tahun 2004 hingga selesai dan dibuka pada tahun 2012. Luas area lantai mencapai angka 1.500.000 meter persegi.

Kompleks bangunan terletak dekat dari masjid terbesar di dunia dan tempat paling suci Islam, Masjid al-Haram. Dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects. Pelaksanaan pembangunan dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Kompleks ini dibangun untuk dapat menampung jamaah haji yang semakin banyak dari tahun ke tahun demi menunaikan ibadah haji. Bisnis perhotelan menjadi semakin berkembang dengan semakin banyaknya jumlah jamaah yang berkunjung setiap tahunnya. Di gedung ini terdapat Hotel, Apartement, Pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Di kompleks ini terdapat tujuh menara yang salah satu menaranya diberi nama Hotel Tower yang berbintang 7.

 

Ping An Finance Centre

Tinggi                             : 599 Meter
Lantai                             : 115 lantai
Lokasi                             : Shenzhen, Guangdong, China
Diresmikan                    : 2016
Penggunaan                   : Perkantoran, Hotel, dan Wilayah Pemasaran
Pemilik                           : Ping An Insurance

Ping An Finance Centre yang dikenal dengan sebutan Ping An IFC, merupakan sebuah gedung pencakar langit tertinggi yang berada di Shenzhen, Guangdong, China. Pembangunan gedung ini dibiayai oleh Ping AN Insurance dan di desain oleh arsitektur asal Amerika, Kohn Pedersen Fox Associates. Bangunan ini bahkan diketahui memiliki luas area lantai mencapai 378.600 meter persegi plus area basement seluas 90.000 meter persegi.

 

Lotte World Tower

Tinggi                             : 555 Meter
Lantai                             : 123 lantai
Diresmikan                    : 3 April 2017
Lokasi                             : Seoul, Korea Selatan
Penggunaan                   : Perkantoran, Pertokoan, dan Apartemen
Pemilik                           : Lotte Engineering & Construction

Lotte World Tower berlokasi di daerah selatan distrik Jamsil, tepatnya di tepi Sungai Han. Pembukaan gedung pencakar langit tersebut dirayakan dengan pertunjukan 30.000 kembang api raksasa yang mewarnai langit malam selama 11 menit. Luas gedung ini adalah 505.300 meter persegi. Dirancang oleh perusahaan arsitektur Amerika, Kohn Pedersen Fox. Lotte World Tower didesain menggabungkan estetika modern dengan bentuk-bentuk yang terinspirasi oleh seni keramik, porselen, dan kaligrafi Korea.

Dengan adanya kolam renang di lantai ke-85, gedung ini juga memiliki kolam renang dalam ruangan tertinggi di dunia. Lantai bawah gedung tertinggi di Korea Selatan ini berukuran setara dengan 110 lapangan sepakbola.

 

One World Trade Center

Tinggi                             : 541 Meter
Lantai                             : 94 lantai
Diresmikan                    : 3 November 2014
Lokasi                             : New York, Amerika Serikat
Penggunaan                   : Perkantoran
Pemilik                           : Port Authority of New York and New Jersey

One World Trade Center juga dikenal dengan nama Freedom Tower. Gedung ini mengacu pada bangunan utama kompleks dari World Trade Center yang baru terletak di Manhattan, kota New York City dan merupakan salah satu gedung pencakar langit tertinggi di bumi bagian barat. Jika dilihat dari permukaan jalan di dekat ke gedung, One World Trade Center (Freedom Tower) tampak terlihat seperti piramida sebagaimana yang terlihat dalam gambar bangunan. One WTC merujuk pada bangunan utama dari kompleks World Trade Center yang baru di Lower Manhattan, New York City. Gedung ini dirancang oleh arsitek David Childs, pemilik perusahaan Skidmore, Owings, dan Merrill (SOM) yang juga mendesain bangunan tertinggi nomor 1 di dunia, Burj Khalifa.

 

Guangzhou CTF Finance Centre

Tinggi                             : 530 Meter
Lantai                             : 111 lantai
Lokasi                             : Guangzhou, China
Diresmikan                    : Oktober 2016
Penggunaan                   : Perkantoran, Hotel, dan Residen
Pemilik                            : Chow Tai Fook Enterprises

CTF Finance Centre termasuk salah satu bangunan tertinggi di dunia yang dibangun menghadap ke Sungai Pearl di Guangzhou. Gedung tinggi ini digunakan sebagai pusat konferensi, hotel, observatorium, mal dan gedung perkantoran. Rosewood Hotels & Resorts menjalankan menara komponen hotel, yang terdiri dari 251 kamar dan 355 residences menduduki top 16 lantai dan podium menara.

 

Taipei 101

Tinggi                             : 508 Meter
Lantai                             : 101 lantai
Lokasi                             : Taipei, Taiwan
Diresmikan                    : 31 Desember 2004
Penggunaan                   : Perkantoran
Pemilik                           : Taiwan Financial Center Corporation

Taipei 101 yang sebelumnya dikenal sebagai Taipei World Financial Center adalah sebuah landmark yang terletak di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Pada bulan Juli 2011, bangunan dianugerahi sertifikasi LEED Platinum, penghargaan tertinggi dalam sistem penilaian lingkungan, Kepemimpinan Energi dan Desain (LEED) dan menjadi green building tertinggi dan terbesar di dunia. Taipei 101 terdiri dari 101 lantai di atas tanah dan 5 lantai di bawah tanah. Bangunan ini secara arsitektur dibuat sebagai simbol dari evolusi teknologi dan tradisi Asia. Taipei 101 didesain oleh C.Y. Lee dan rekan-rekannya serta dibangun oleh KTRT Joint Venture. Pembangunannya cukup memakan waktu lama yaitu mulai tahun 1999 hingga selesai pada 2004.

 

Shanghai World Financial Center

Tinggi                             : 492 Meter
Lantai                             : 101 lantai
Lokasi                             : Shanghai, China
Diresmikan tahun        : 2008
Penggunaan                   : Perkantoran dan Hotel
Pemilik                           : Shanghai World Financial Center Co., ltd

The Shanghai World Financial Center (SWFC) adalah sebuah pencakar langit yang terletak di distrik Pudong Shanghai. Ini adalah sebuah pencakar langit penggunaan campuran, yang terdiri dari kantor, hotel, ruang konferensi, deck observasi, dan lantai dasar pusat perbelanjaan. Park Hyatt Shanghai adalah komponen Hotel, memiliki 174 kamar dan suite. Dihuni dari lantai 79 ke lantai 93, ini adalah hotel tertinggi kedua di dunia, dengan jumlah Lantai 101.

Bangunan ini didesain oleh Kohn Pedersen Fox dan dikembangkan oleh Mori Building Company dengan Leslie E. Robertson Associates sebagai teknisi struktural dan China State Construction Engineering Corp and Shanghai Construction General Co sebagai kontraktor utama.

 

International Commerce Centre

Tinggi                                 : 484 Meter
Lantai                                 : 108 lantai
Lokasi                                 : Hongkong, China
Diresmikan                        : 2010
Penggunaan                      : Perkantoran, Hotel
Pemilik                              : Sun Hung Kai Properties

International Commerce Centre merupakan pencakar langit komersil yang berada di West Kowloon, Hong Kong. Bangunan ini merupakan bagian dari proyek Union Square. Pembangunan gedung ini berada di bawah tanggung jawab MTR Corporation Limited dan Sun hung Kai Properties. Tower ini sendiri didesain oleh perusahaan jasa arsitektur asal Amerika, Kohn Pedersen Fox Accosiates yang juga berasosiasi dengan Wong and Ouyang (HK) Ltd.

 

Petronas Tower

Tinggi                                : 452 Meter
Lantai                                : 88 lantai
Lokasi                                : Kuala Lumpur, Malaysia
Diresmikan                       : 1 Agustus 1996
Penggunaan                      : Perkantoran
Pemilik                              : KLCC Property Holding Berhad

Petronas Tower merupakan landmark negara tetangga Indonesia. Merupakan salah satu gedung tertinggi di dunia kembar yang lokasinya ada di Kuala Lumpur, Malaysia. Bangunan ini konsisten termasuk dalam gedung tertinggi di dunia sejak tahun 1998 hingga 2005 dan menjadi landmark dari Malaysia sendiri. Menara ini didesain oleh arsitektur berdarah Argentina – Amerika Utara yaitu Cesar Pelli.


About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 80885137 / 80877042 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 0812 9640 5315

Comments

Leave a Reply