Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Assalamualaikum Kawan – Kawan ZEW !

Pada kesempatan kali ini,  ZEW akan memberikan tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa, berikut tipsnya :

 

  1. Perbanyak makan makanan berserat dan hindari makanan berminyak

Ketika anda makan baik itu saat berbuka atau saat sahur, usahakan perbanyak mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan. Karena makanan berserat dapat menjaga stamina dan menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Makanlah makanan berserat seperti buah – buahan saat mendekati waktu imsak, agar kandungannya dapat bertahan lebih lama saat berpuasa. Kita juga sebaiknya menghindari makanan berminyak saat berpuasa, karena makanan berminyak dapat membuat sel darah merah menggumpal dan menyebabkan berkurangnya aliran oksigen sampai 20% yang mengakibatkan kita mengantuk saat siang hari.

 

  1. Sediakan waktu untuk tidur dan berolahraga

Pada saat puasa, olahraga dapat menjaga sirkulasi kerja oksigen yang mengalir dalam tubuh kita. Sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga. Tidak perlu olahraga yang berat, kita dapat berjalan kaki setelah makan sahur atau saat sore hari sebelum berbuka. Anda juga harus menjaga kesehatan dengan porsi waktu tidur yang pas agar tetap bugar dan sehat untuk menjalankan hari – hari seperti biasanya. Usahakan jangan segera tidur setelah sahur, karena dapat menghambat metabolism dalam tubuh kita.

 

  1. Perbanyak minum air putih (diutamakan hangat) & hindari kafein serta minuman bersoda

Seseorang yang berpuasa akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan saat disiang hari. Oleh karena ituz kita harus perbanyak  minum air untuk menutupi kebutuhan air dalam tubuh anda sehingga kulit dan tubuh tidak mengalami kekurangan cairan (dehidrasi ). Kafein dan minuman bersoda dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan sehingga cairan dalam tubuh terkuras. Kebutuhan air minimal dalam satu hari adalah 2,5 liter atau sekitar 8 gelas. Jadi kita dapat membaginya mulai dari berbuka sampai sahur. Kenapa diutamakan air hangat ? Karena air hangat dapat menghilangkan sisa – sisa zat manis yang ada di tenggorokan sehingga mengurangi rasa haus.

 

  1. Tidak berlebihan saat berbuka puasa

Memakan dengan porsi yang banyak hanya dapat membuat perut sesak yang berakibat mengecilnya lambung dan berkurangnya enzim – enzim pencernaan. Jika enzim – enzim pencernaan berkurang, maka perut kita akan sakit karena tidak ada yang bertugas untuk mengurai makanan. Kita juga akan mudah lelah dan mengantuk yang akan mengganggu aktivitas. Berbukalah dengan bertahap, dimulai dengan air putih, sedikit makanan manis, setelah itu, sekitar 1 sampai 2 jam baru kita memakan makanan berat.

[ BACA JUGA : PUASA ITU MENYEHATKAN  ]

 

  1. Tetap mandi dan bersiwak

Saat burpuasa, dianjurkan untuk mandi, menyiramkan air dingin pada kepala dan juga bersiwak. Bersiwak atau gosok gigi boleh dilakukan oleh orang yang berpuasa. Demikian juga tidak ada masalah dengan berkumur dan mendinginkan diri pada badannya.

 

  1. Menyiapkan makanan sumber energi saat beri’tikaf

Saat sahur kita harus perbanyak minum air hangat, memakan karbohidrat kompleks (nasi dan kentang atau roti gandum) agar tidak cepat lapar, perbanyak protein, serta hindari lemak dan gorengan. Menjelang imsak, bisa ditambah dengan buah – buahan yang penuh serat. Saat berbuka  jangan langsung minum air dingin karena mengakibatkan perut kembung dan berikan waktu sebelum memakan makanan berat. Lakukan secara bertahap.

( Baca Juga : Umrah I’tikaf Semi Backapcker )

 

 

Itulah 5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa yang telah dirangkum oleh ZEW. Semoga bermanfaat dan semoga puasa kita semua di terima, di beri keberkahan dan kelancaran, serta selalu sehat dalam beribadah kepada Allah SWT. Amiin.

 

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 29888200 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 087827082001

Comments

Leave a Reply