Beberapa Destinasi Di Iraq Yang Sayang Terlewatkan

Beberapa Destinasi Di Iraq Yang Sayang Terlewatkan

Seperti yang kita ketahui, ada 4 daerah yang sangat terkenal di Iraq yang di banjiri wisatawan/penziarah dari seluruh dunia untuk mengunjunginya.  Untuk itu infomuslimtours akan menguliknya untuk kalian para traveler yang mungkin ingin menjadikan Iraq sebagai tujuan wisata berikutnya.

Berikut beberapa destinasi di Iraq yang sayang terlewatkan :

  1. Najaf

Najaf adalah sebuah kota di Irak. Kota ini telah ditinggali sejak pra-Islam. Di kota ini terdapat makam Imam Ali bin Abi Thalib As dan dengan banyaknya Hauzah Ilmiah (pusat studi Islam) yang terdapat di kota ini, menjadikannya sebagai salah satu kota penting dalam dunia Islam-Syiah. Saat ini Najaf makin bertambah nilainya karena marjaiyat agama (pimpinan agama) di sana punya kekuatan politik.

a. Wadi Al Salam

Kompleks pemakaman Sayyidina Ali ra. Adalah pemakaman terbesar di dunia, pemakaman ini meliputi 1.485,5 hektar dan mampu menampung 5000 makam umat muslim selama dari 1.400 tahun. Situs ini juga termasuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Umat muslim khususnya kaum syi’ah berharap berkah dengan bermakam di dekat makam Sayyidina Ali ra.

b. Nabi Nuh as

Nabi Nuh (Yasykur/Abdul Ghaffar) as. Umur 950thn, ada beberapa versi mengenai letak makam nabi yang dalam berbagai literature sejarah dikenal dengan bahteranya yang menyelamatkan kehidupan. Ada pendapat bahwa makam Nuh terletak di masjid kufah, najaf, jabal al ahmar (gunung merah) dan lembah Baka’a. Ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa makam Nuh terletak di kota dekat al-kurk bahkan di Masjidil Haram Makkah. Wal hasil di najaf pun terdapat napak tilasnya Nabi Nuh as.

 

  1. Kufah

Kufah adalah sebuah kota di Irak. Kota ini berada di kawasan selatan Irak. Tepatnya di 10 Km sebelah utara Kota Najaf. Kota Kufah dibangun di dekat sungai Eufrat. Air dan udara di Kufah relatif baik. Sejak dulu daerah ini cukup subur dan makmur. Dulunya Kufah bernama Suristan. Pada tahun 17 H, beberapa bulan sebelum dibangunnya Kota Bashrah, atas perintah Khalifah Umar bin Sa’ad bin Abi Waqash membangun kota ini sebagai pangkalan militer yang ditinggali para tentara bersama keluarganya. Dalam waktu singkat Kufah berubah menjadi salah satu kota penting bagi Islam. Banyak peristiwa penting terjadi di sana. Masjid Kufah, tempat dipukulnya Imam Ali As hingga syahid, dibangun pada periode ini.

a. Masjid Kufah

 

Kufah dulu adalah pusat pemerintahan pada zaman Sayyidina Ali dan di masjid inilah Sayyidina Ali yang waktu itu menjabat sebagai khalifah ke-4 dibunuh oleh kaum khawarij saat sedang memimpin shalat subuh . Mihrab tempat Sayyidina Ali shalat dan di bantai tetap terpelihara hingga saat ini.

 

b. Rumah Keluarga Sayyidina Ali

Rumah ini di tempati Sayyidina Ali dan keluarganya selama di kufah. Sejak Fatimah ra. putri Rasulullah meninggal, Sayyidina Ali menikahi Ummul Banin sahabat Fatimah atas permintaan Sayyidah Fatimah sendiri. Dari perinkahan dengan Ummul banin inilah lahir Abul fadhl abbas, Abdullah, Ja’far dan Usman yang semuanya syahid bersama Sayyidina Husein ra di Karbala.

 

c. Masjid Sahlah

Masjid ini disebut juga sebagai rumah bagi para nabi. Sedikitnya nabi Ibrahim as, nabi Idris as dan nabi Khidir pernah menetap disini. Dan hamper semua nabi dikatakn pernah shalat di masjid ini. Berdoa di masjid ini dapat memberikan keselamatan dan perlindungan selama satu tahun.

Masjid ini adalah dimana imam ke dua belas, Muhammad al-mahdi  akan berada sekembalinya dari ghaib kubro. Terompet Isrofil hari kiamat di yakini akan ditiup dari masjid ini. Tujuh puluh ribu orang akan dibangkitkan disini sesuai dengan narasi dan masuk surge tanpa mempertanyakan.

Sayyidina Ali bin Abi thalib juga mengatakan bahwa  “tidak ada orang yang sedih pergi ke masjid ini, berdoa di dalamnya dan memohon kepada Allah, maka Allah akan membebaskan dia dari kesedihannya dan mengabulkan permintaanya”.

 

  1. Baghdad

Bagdad adalah ibu kota Irak dan provinsi Bagdad. Bagdad adalah kota terbesar kedua di Asia Barat Daya setelah Teheran, kota ini dulunya pernah menjadi pusat peradaban Islam. Kota Bagdad didirikan di tepi barat Tigris di antara tahun 762 dan 767 oleh kekhalifahan Abbasiyah yang dipimpin oleh Kalifah al-Mansyur. Kota ini kemungkinan dibangun di bekas sebuah perkampungan Persia. Kota ini menggantikan Ctesiphon, ibu kota Kekaisaran Persia dan Damaskus sebagai ibu kota sebuah kekaisaran Muslim yang mencakup wilayah dari Afrika Utara hingga Persia.

a. Makam Syeikh Abdul qadir jaelani

Syeikh Abdul qadir jaelani adalah pendiri tarekat Naksabandiyah. Beliau seorang yang alim dan sekaligus sufi besar pada zamannya. Beliau seorang ulama fiqih yang sangat dihormati oleh kaum ahlussunah wal jamaah dan dianggap sebagai wali dalam dunia tarekat dan sufisme.

 

b. Musa al kadzim

Lahir di Abwa arab saudi pada tanggal 28 oktober 746 masehi, meninggal dan dikebumikan di Kazimain pada umur 52 tahun. Beliau merupakan keturunan ke-7 Rasulullah saw, yaitu putra dari Imam ke-6 Ja’far ashdiq dan ibunya bernama Hamidah kahtun. Beliau lahir ketika terjadi pergolakan antara bani Umayyah dan bani Abbasiyah, Imam Musa biasa di panggil dengan nama Abu al-Hasan.

 

c. Syekh Juned al Baghdadi

Adalah guru dari Syekh Abdul qodir jaelani. Beliau seorang ulama sufi dan wali Allah yang paling menonjol namanya di kalangan ahli-ahli sufi. Tahun kelahiran syekh Juned tidak dapat di pastikan, tidak banyak dapat ditemui tahun kelahiran beliau pada biografi lainnya. Belia adalah orang yang terawal dalam menyusun ilmu tasawuf dengan ijtihadnya.

 

d. Makam Syekh Ma’ruf Kharqi

Syekh Ma’ruf kharqy adalah salah satu guru dari Syekh Abdul qadir jaelani. Nama sufi ini tidak terlalu popular, meski sama-sama berasal dari Iraq namanya tak sepopuler Syekh Abdul qadir jaelani, Manshur al hallaj, atau Juned al Baghdadi. Ma’ruf alkharqy salah seorang sufi penggagas paham cinta dalam dunia tasawuf yang jiwanya selalu di selimuti rasa rindu yang luar biasa kepada sang Khalik.

 

e. Makam Imam Hanafi

Imam Hanafi adalah salah satu dari 4 pilar mazhab ahlussunah wal jama’ah selain imam Syafi’I, imam Ahmad bin hambal dan imam Maliki. Sekarang disekelilingi makam imam Hanafi telah dijadikan universitas Al-Hanafi, sebagai universitas terbesar di Iraq.

 

  1. Karbala

Karbala adalah sebuah kota yg terletak sekitar 100 kilometer di sebelah barat Kota Baghdad , Irak. Penduduknya kurang lebih 600 ribu jiwa dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Muslimin madzhab Syiah menjadikan Karbala menjadi tempat suci dikarenakan Karbala sendiri tempat bersemayamnya jasad suci Husein bin Ali bin Abu thalib yang berada di pusat kota. Muslimin penjuru dunia sering mengunjungi tempat ini untuk menziarahinya dan mengenang Pertempuran Asyura.

Makam Sayyidina Husein ra.

Makam Sayyidina Husein, cucu Rasulullah terletak di karbala yang dulu merupakan gurun tandus dan sekarang menjadi kota terbesar kedua di Iraq. Sayyidina Husein wafat setelah dibunuh dan kepalanya di penggal pada zaman pemerintahan Yazid bin Mu’awiyah dan makam ini selalu ramai dikunjungi para muslimin terutama yang bermadzhab syiah.

Nahh mungkin segitu dulu beberapa tujuan destinasi Iraq yang sering di kunjungi wisatawan/penziarah khususnya dari Indonesia. Yumkin hadza minni wastatho’tu wassalamu’alaykum warrahmatullahi wabarrakatuh..

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 29888200 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 087827082001

Comments

Leave a Reply