Ternyata Hidung Manusia Memiliki Kemampuan Super

Ternyata hidung manusia memiliki kemampuan super loh !

Selain menjadi indra penciuman dan alat pernafasan yang penting, ternyata hidung juga punya kemampuan super dalam hal mendeteksi bebauan yang ‘gak biasa’. Bahkan, daftar-daftar di bawah ini mungkin bikin kamu mengerinyitkan dahi dan membatin dalam hati, “Kok bisa ya?”

  1. Kamu bisa mengendus usia seseorang.

Sebuah studi dilakukan dengan cara meletakkan sebuah pada ketiak beberapa orang dan obyek penelitian lain diminta untuk mengendusnya. Para peneliti menemukan bahwa aroma bau badan lansia di atas 75 tahun lebih menyengat daripada yang lain. Obyek penelitian pun bisa mendeteksi aroma bau badan yang berbeda menurut berbagai kategori usia.

  1. Kamu bisa terbangun dari tidur hanya karena bau

Terbiasa minum kopi untuk mengumpulkan nyawa yang baru separuh setelah bangun tidur? Ternyata, kamu gak perlu minum kopi untuk bikin melek sepenuhnya lho. Cukup dengan mencium aroma kopi saja, seseorang bisa bangun dari tidurnya. Efek aroma kopi ini disinyalir karena aromanya mampu membuat otak melepaskan protein yang melindungi sel-sel syaraf dari stres.

  1. Kamu dapat mencium aroma ketakutan

“You can smell fear” bukan sekedar tagline film lawas The Naked Gun 2½ saja. Ketakutan memang benar-benar bisa diendus dan merupakan sistem pertahanan diri manusia yang alami. Saat seseorang merasa takut atau panik yang tidak bisa dikomunikasikan, perasaan takut atau teror bisa terendus melalui gerak tubuh sekecil-kecilnya yang ditangkap oleh indra penciuman. Ketakutan ini pula yang akan menyebar dan memberikan efek domino pada orang-orang di sekitarnya.

  1. Kamu bisa mendeteksi asal-muasal sumber bau tanpa melihatnya

  

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Berkeley University, manusia dilahirkan dengan kemampuan khusus yang disebut “egosentric localization.” Ini merupakan kemampuan manusia untuk mencari asal-muasal sumber bau, tanpa perlu melihatnya langsung. Persis dengan kemampuan manusia yang mampu mendeteksi asal-muasal sumber suara tanpa harus melihatnya. Seperti bau duren yang tajam, otomatis dari aroma tersebeut sudah mengenalinya melalui otak yang memfasilitasi sel saraf untuk mengingat aroma tersebut dan secara tidak sadar kita mengetahui bahwa ada buah duren di sekitar kita.

  1. Kamu bisa mengembalikan kenangan masa lampau karena suatu bau

Pernah berada di keramaian dan tiba-tiba mencium aroma parfum seseorang yang mirip dengan orang terdekat kita? Seketika kita terlempar pada kenangan masa lampau dan ingatan pada sebuah sosok. Hal ini bukan sekedar kegalauan lho, tapi bisa dijelasikan secara ilmiah. Tanpa indra penciuman, ternyata manusia tidak mampu untuk memanggil ingatan di masa lalu. Indra penciuman ternyata begitu dekat kaitannya dengan memori di otak.

   Indra yang ada pada tubuh manusia dirancang sedemikian rupa untuk dapat menciptakan sebuah kesatuan sistem yang fungsional. Jika salah satu saja tidak berfungsi dengan baik, maka akan timpang. Ajaib ya (^_^)

 

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 29888200 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 087827082001

Comments

Leave a Reply