Hemat Biaya Makan di Luar Negeri, Ini Tipsnya!

Bagi umat muslim, mencari makanan halal di negeri non muslim butuh upaya-upaya yang kreatif, tentunya tanpa menghilangkan kaidah kehalalan itu sendiri. Selain tidak banyak tersedia, rasa dan jenis makanan yang tidak cocok dengan lidah kita, harganya pun kalau ada, lebih mahal dibanding makanan non halal. Ingat, bukan hanya daging babi yang diharamkan, tetapi semua binatang yang biasa kita makan tetapi disembelih tanpa tata cara islami, atau mengandung bahan yang tidak halal, maka bisa dikategorikan makanan haram. Oleh karena itu, berikut tips hemat biaya makan di luar negeri.

Banyak umat muslim yang beranggapan asal bukan daging babi, walaupun tanpa keterangan halal, bisa dimakan dengan bebas. Padahal bisa saja tercampur atau mengandung bahan makanan/minuman yang diharamkan. Seperti ayam goreng atau makanan cepat saji lain, yang di Indonesia halal, belum tentu sama di negeri lain, bisa jadi proses penyembelihannya bukan dg cara islami. Hati-hati, jangan mudah memakan sesuatu tanpa ada jaminan halal, seperti logo sertifikasi halal atau jaminan lainnya!

Lalu bagaimana kita bisa makan dengan tenang, dan tentunya tetap hemat?

Untuk hemat biaya makan di luar negeri, cara paling praktisnya adalah mencari tempat makan halal, tapi ya itu, rasa dan harganya kadang tidak cocok. Terus kalau tidak ada tempat makan halal bagaimana? Cari tempat makan vegetarian. Kalau masih tidak ada atau tidak cocok? Nah kalau masih seperti ini, ada dua cara yang bisa dilakukan.

Cara pertama adalah membekali dari tanah air bahan makanan atau makanan jadi yang siap santap. Seperti mie instan dan makanan kering. Bawa juga kompor listrik portable yang bisa digunakan untuk memasak nasi, merebus, memanaskan bahkan untuk menggoreng. Selama belasan tahun bepergian, saya selalu membawa kompor kecil ini kemana saja. Sangat bermanfaat dan juga menghemat pengeluaran.

Cara kedua adalah memanfaatkan toko serba ada yang menjual makanan-makanan halal, seperti di 7 Eleven (Singapore, Seoul) atau di warung Indonesia yang sudah dikemas dan tinggal dimakan atau dipanaskan terlebih dahulu.

Di Singapore, toko ini menjual aneka makanan halal seperti mie instan, nasi + lauk dan makanan lain seperti roti atau kue. Ditempat ini juga disediakan peralatan masak seperti microwave oven, air panas untuk merebus mie juga tempat makan berupa kursi dan meja (lihat gambar).
Kita tinggal memilih jenis makanan yang diinginkan, membayar terus memanaskan atau menghangatkan makanan yang dibeli tadi, tanpa ada biaya tambahan lagi. Cara kedua ini selain lebih praktis juga hemat, karena bahan makanan yang djual lebih murah dibanding membeli di tempat makan. Seperti nasi ayam atau nasi teriyaki dijual dengan harga SGD$ 3.8, lebih murah dibanding di rumah makan yang harganya 6 dollar. Mie rebus hanya 2 dollar, di tempat makan 4.5 dollar.
Di Singapore tempat makan halal yang menyediakan aneka makanan Indonesia dengan harga lebih murah dibanding tempat lain (juga rasanya enak dan banyak), yaitu rumah makan Nora Indonesian Food, lokasinya tepat di lantai basement Midpoint Orchard, seberang mall 313 Somerset atau di belakang tempat pemberhentian bus Midpoint Orchard. Tempat makannya bersih, luas dan minum air putih gratis.

Untuk kesana, dari stasion MRT Somerset keluar menuju jalan Orchard, menyeberang belok kanan sedikit terus turun ke lantai bawah Midpoint mall. Jika naik bus turun di Midpoint Orchard, sesudah Singapore Visitor Centre dan sebelum Centrepoint mall.

Itulah beberapa tips hemat biaya makan di luar negeri dari kami, Expedia Wisata !

 

Link Terkait :
Tour Beijing – Hongkong
Tour Beijing – Shanghai
Tour Jepang Muslim
Tour Bangkok Pattaya

About Author

client-photo-1
infomuslimtours
Info Muslim Tour adalah travel agent resmi terpercaya di Indonesia. Melayani anda untuk segala keperluan Tour, Haji, Umroh, Ziarah, Tour Muslim dan lain sebagainya. Hubungi kami di (021) 29888200 atau hotline kami di 0877 8238 2158 & 087827082001

Comments

Leave a Reply